Mau Coba Foot Peeling? Berikut 7 Tips Bikin Kulit Kaki Lebih Cerah dan Halus

Foot peeling bermanfaat membersihkan sel kulit mati, terutama pada bagian kaki. Ingin mencoba perawatan ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 23 Agustus 2023 icon 12:47 WIB
Mau Coba Foot Peeling? Berikut 7 Tips Bikin Kulit Kaki Lebih Cerah dan Halus

Ilustrasi perawatan kulit kaki (Unsplash/Rune Enstad)

Siapa yang tidak mau punya kulit kaki yang cerah, kencang, dan mulus? Hanya saja, mengingat banyaknya aktivitas yang ditopang bagian tubuh satu ini, tak jarang kaki jadi tampak kurang terawat. Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan foot peeling.

Foot peeling biasa dipakai untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit kaki. Kandungan di dalamnya bisa sangat beragam, mulai dari AHA, halcyonic, hingga lactic acid.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba perawatan kaki ini? Dirangkum dari Mind Body Green, berikut beberapa tips foot peeling yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Tak Usah Malu Pedikur! Berikut 4 Manfaat Perawatan Kaki untuk Pria

Awali dengan merendam kaki

Agar proses pengelupasan sel kulit mati lebih efektif, sebaiknya rendam terlebih dahulu kaki AndaSiapkan air dengan campuran sabun, kemudian rendam kaki selama kira-kira 15 menit. Setelahnya, gunakan handuk bersih untuk mengeringkan kaki.

Gunakan penutup plastik

Baca Juga: DIY Aloe Vera dan Lemon untuk Merawat Tumit Retak

Dalam seperangkat alat foot peeling, biasanya sudah ada penutup plastik untuk kaki Anda. Bahan inilah yang merupakan alat untuk mengeksfoliasi kaki.

Pastikan posisi Anda nyaman saat mengenakannya. Pasalnya, setelah menggunakan boot plastik, Anda mungkin tak bisa ke mana-mana atau membuat langkah Anda terasa lebih licin.

Diamkan masker foot peeling

Anda mungkin memerlukan waktu beberapa saat untuk membuatnya bekerja optimal. Lamanya menunggu ini bisa bervariasi, tergantung setiap merk foot peeling.

Beberapa produk mungkin butuh ditempelkan ke kaki selama 20 - 60 menit. Selama proses tersebut, larutan di dalam masker foot peeling akan menembus lapisan luar kulit yang tebal di bagian bawah kaki.

Lepaskan plastik boots dan bilas

Setelah menempel di kaki dalam kurun waktu tertentu sesuai petunjuk pemakaian, Anda bisa melepasnya. Selanjutnya, bilas kaki Anda secara menyeluruh.

Jangan biarkan kandungan asam untuk pengelupasan ini bersentuhan terlalu lama dengan kulit Anda. Hal itu dapat meningkatkan risiko iritasi. Setelah dibilas, jangan lupa untuk mengeringkannya juga.

Lakukan pengulangan secara berkala

Walau bukan langkah wajin, tidak ada salahnya untuk melakukan foot peeling beberapa pekan sekali. Pengulangan seperti ini diharapkan bisa membantu Anda mendapatkan kaki yang lebih mulus dan cerah.

Sabar dan konsisten

Hasil dari foot peeling pertama kali setiap orang mungkin berbeda-beda. Bagaimanapun, ada berbagai faktor pembeda dari tipe kulit kaki setiap orang.

Oleh karenanya, Anda mesti bersabar jika foot peeling tidak langsung membuat kaki tampak cerah. Walau begitu, tak sedikit pula yang bisa melihat perubahan signifikan hanya beberapa jam setelah perawatan.

Dapatkan kulit kaki yang lembut

Baca Juga: Menghaluskan Kaki Pecah-Pecah dengan Daun Mint, Begini Caranya

Saat kulit mati sudah berhasil terkelupas, Anda akan mendapatkan kulit kaki yang tampak cerah dan lebih lembut. Jangan lupa untuk rajin mengoleskan pelembap.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI