Skincare Bisa Cegah Kerusakan Kulit akibat Polusi, Simak 4 Tips Memilih Produk yang Tepat

Begini cara memilih skincare untuk mencegah polusi udara merusak kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 24 Agustus 2023 icon 08:20 WIB
Skincare Bisa Cegah Kerusakan Kulit akibat Polusi, Simak 4 Tips Memilih Produk yang Tepat

Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)

Beberapa waktu belakangan, polusi udara Jakarta tercatat jadi yang terburuk di dunia. Situasi tersebut memengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat setempat, termasuk kondisi dan kesehatan kulit

Dokter mengingatkan pentingnya lebih rutin menjaga kebersihan kulit dan menggunakan skincare yang tepat. Pertanyaannya, bagaimana cara  pilih skincare yang bisa melindungi kulit dari paparan polusi udara?

Dokter Spesialis Kulit, Kelamin dan Estetik, dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpKK, mengungkapkab bahwa saat cuaca dan udara buruk, skincare yang dipilih harus mampu melindungi dari partikel halus polusi masuk. Caranya, pilih skincare yang fokus memperbaiki skin barrier atau lapisan pertahanan kulit dan mencegah peradangan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Rata, Tak Harus Pakai Skincare Mahal

Ilustrasi kulit terpapar sinar matahari (Pexels/Maggie Zhan)
Ilustrasi kulit terpapar sinar matahari (Pexels/Maggie Zhan)

"Untuk melawan efek polusi, utamanya adalah memilih produk perawatan kulit yang dapat memperbaiki skin barrier, seperti moisturizer yang mengandung bahan-bahan yang bantu menjaga skin barrier," ungkap dr. Arini, dikutip Dewiku.com dari siaran pers via Suara.com.

Menurut dr. Arini, berikut beberapa tips memilih skincare cegah polusi masuk kulit yang bisa dilakukan.

Memilih pembersih wajah atau facial wash

Baca Juga: Kulit Masih Sensitif, Ternyata Begini Cara Pilih Skincare Bayi yang Aman

Pilih pembersih yang lembut tapi efektif menghilangkan polutan, riasan, dan kotoran tanpa mengikis kelembapan dan barrier alami kulit. Sangat penting membersihkan wajah dua kali sehari, terutama pada malam hari untuk menghilangkan polutan yang terakumulasi.

Skincare antioksidan melawan polusi

Antioksidan akan membantu menetralkan radikal bebas dari paparan polusi sehingga meminimalkan risiko kerusakan oksidatif pada kulit. 

Tabir surya spektrum luas

Sunscreen jelas wajib. Selalu gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari. Ini karena radiasi UV dari matahari dapat berinteraksi dengan polusi sehingga meningkatkan kerusakan kulit. 

Melembapkan wajah

Pilih pelembap yang ringan dan non-komedogenik agar memberi kelembapan pada kulit tanpa menyumbat pori-pori. Pelembap akan menjaga fungsi skin barrier alami yang penting untuk melindungi dari polusi.

Eksfoliasi kulit 

Eksfoliasi dan penggunaan krim malam dengan vitamin A dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pergantian sel. Senyawa-senyawa ini akan membantu perbaikan sel, produksi kolagen, dan mengurangi dampak penuaan atau jerawat akibat polusi.

Selain itu, dr. Arini menekankan bahwa skincare terbaik adalah menjaga gaya hidup sehat dengan tetap terhidrasi, mengonsumsi makanan sehat dan mengelola stres. Faktor-faktor tersebut berkontribusi pada kesehatan kulit secara keseluruhan serta ketahanan terhadap faktor eksternal. 

Baca Juga: 3 Kesalahan Menggunakan Skincare yang Paling Sering Terjadi, Bukannya Cantik Justru Picu Masalah Kulit

"Rutinitas perawatan kulit ini membantu menciptakan perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat polusi. Perawatan yang teratur dan konsisten adalah kunci untuk mempromosikan kesehatan kulit di lingkungan dengan polusi tinggi," ujarnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI