Hukum Pria Pakai Skincare dalam Islam, Haram atau Tidak?

Bagaimana hukum Islam terkait perawatan wajah pria menggunakan beragam produk skincare?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 24 Agustus 2023 icon 11:06 WIB
Hukum Pria Pakai Skincare dalam Islam, Haram atau Tidak?

Cowok perawatan wajah . (Shutterstock)

Dewasa ini, skincare bukan hanya urusan perempuan. Pria kini semakin akrab dengan berbagai produk skincare yang khusus diformulasikan untuk mereka. Pertanyaannya, bagaimana hukum islam tentang pria yang pakai skincare?

Hukum Pria Pakai Skincare dalam Islam

Dilansir dari Al-Ummah, tak ada larangan bagi laki-laki maupun perempuan untuk melakukan perawatan wajah atau menggunakan produk skincare.

Baca Juga: Jadi Kandungan Skincare Populer, Ternyata Ini 5 Manfaat Ajaib Hyaluronic Acid

Bahkan, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik dari Atha’ bin Yasar, disebutkan bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk merapikan diri.

"Ketika Rasulullah SAW sedang berada di masjid, terdapat seorang laki-laki yang masuk dengan rambut acak-acakan serta jenggot yang tidak teratur. Rasulullah lantas mengisyaratkan dengan tangannya supaya laki-laki tersebut keluar, seakan-akan Beliau mengatakan: 'Hendaklah ia merapikan rambut dan janggutnya terlebih dahulu'.

Laki-laki itu lantas melakukannya dan kembali lagi, kemudian Rasulullah bersabda: 'Bukankah ini lebih baik daripada salah seorang dari kalian datang dengan rambut yang acak-acak seperti setan'." (Malik bin Anas bin Malik al-Ashbihani, Muwattha, juz 5 hal 448)

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Rata, Tak Harus Pakai Skincare Mahal

Hadits tersebut kemudian disambut Imam al-Qurthubi, seorang mufassir terkenal sekaligus ahli hadits, sebagai berikut:

"Maka berhias dan merapikan diri hukumnya boleh berdasarkan hadits ini atau lainnya, asalkan hal itu tidak berlebihan, menampilkan kemewahan,atau menyerupai orang-orang sombong." (Al-Qurthubi, al-Tamhid Lima Fil Muwattha, juz 5 hal 50).

Selain itu, hukum pria pakai skincare dalam Islam diperbolehkan selama tak menyalahi kodrat. Hal ini sebagaimana apa yang disampaikan Syaik Abdul Hamid as-Syarwani dalam kitab Hasyiah as-Syarwani:

"Ibnu Daqiq al-‘Eid telah membatasi keharaman menyerupai perempuan dengan menggunakan sesuatu yang khusus bagi perempuan atau biasa digunakan perempuan untuk berhias." (Abdul Hamid as-Syarwani, Hasyiah as-Syarwani, juz 3 hal 26, Dar al-Fikr).

Berdasarkan berbagai hadist di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak ada larangan bagi pria untuk memakai skincare dalam hukum Islam.

Selain itu, menggunakan skincare justru dapat membantu menjaga kesehatan kulit yang merupakan pemberian Allah SWT.

Baca Juga: Kulit Masih Sensitif, Ternyata Begini Cara Pilih Skincare Bayi yang Aman

Jika Anda adala pria yang masih pemula dalam dunia skincare, coba gunakan skincare basic terlebih dahulu. Ini terdiri atas pembersih, pelembap, sabun cuci muka, dan sunscreen. Jangan lupa untuk memilih produk skincare sesuai jenis kulit Anda.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI