6 Manfaat Kolagen untuk Kecantikan, Benarkah Bisa Memutihkan Kulit?

Kolagen memiliki berbagai manfaat untuk perawatan kecantikan kulit. Apa saja khasiatnya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 09 September 2023 icon 19:01 WIB
6 Manfaat Kolagen untuk Kecantikan, Benarkah Bisa Memutihkan Kulit?

Ilustrasi perempuan mengonsumsi minuman kolagen (Freepik/jcomp)

Banyaknya manfaat kolagen untuk perawatan kecantikan membuat popularitasnya terus dipertimbangkan. Semakin banyak produk kecantikan dengan dilengkapi kandungan kolagen yang kaya khasiat.

Jika digunakan secara benar, manfaat kolagen memang menjanjikan. Dirangkum dari laman Watsons, berikut beberapa di antaranya.

Membantu mengurangi kerutan dan mengencang kulit

Baca Juga: Tips Memilih Perhiasan sesuai Warna Kulit, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Setidaknya sebanyak 80 persen kulit manusia terdiri dari kolagen. Tubuh memproduksi protein ini secara alami, tapi produksinya menurun seiring berjalannya waktu. Efek yang bisa dilihat adalah munculnya kerutan dan kulit yang mengendur.

Penggunaan suplemen kolagen atau sejenis bisa membantumu menjaga kekencangan kulit serta meminimalisir tanda penuaan seperti kerutan.

Mempercepat penyembuhan kuka di wajah

Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Sunscreen Ramah Lingkungan, Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Bekas jerawat memang bisa bikin orang-orang gundah gulana. Produk suplemen kolagen juga bisa membantu menyembuhkan luka akibat jerawat dan menyamarkannya dari waktu ke waktu.

Tekstur kulit semakin kenyal dan lembut

Manfaat kolagen berikutnya adalah membantu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Ini pada akhirnya akan membuatmu terlihat lebih awet muda.

Membantu mengatasi selulit

Dengan penggunaan yang tepat, konsumsi suplemen kolagen juga dapat membantu mengurangi selulit yang muncul. Kulit akan tampak lebih segar dan sehat.

Menghidrasi kulit

Salah satu hal penting dalam perawatan kulit adalah memastikannya terhidrasi dengan baik. Penggunaan suplemen kolagen secara rutin dapat membantumu terhindar dari kondisi kulit kering yang bisa memicu berbagai gangguan kesehatan kulit lain. Jangan lupa minum banyak air putih setiap hari juga, ya!

Membantu meratakan warna kulit

Baca Juga: Rekomendasi 5 Whitening Body Lotion Terbaik, Begini Cara Aman Mencerahkan Kulit

Warna kulit yang tidak merata bisa membuat seseorang kurang percaya diri. Produk kolagen juga cukup bisa diandalkan untuk meratakan warna kulit. Namun, manfaat kolagen satu ini baru bisa terlihat setelah penggunaan jangka panjang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI