Cara Mengatasi Wajah Bopeng Bekas Jerawat, Manfaatkan 6 Kandungan Skincare Ini

Ada beberapa kandungan skincare yang bermanfaat membantu mengatasi bekas jerawat di wajah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 September 2023 icon 17:22 WIB
Cara Mengatasi Wajah Bopeng Bekas Jerawat, Manfaatkan 6 Kandungan Skincare Ini

Wajah berjerawat. (Pixabay/SharonMcCutcheon)

Perkara menghilangkan bekas jerawat sering kali malah lebih susah dibanding mengatasi jerawat itu sendiri. Hal tersebut terlebih jika bekasnya sudah sampai menjadi bopeng sehingga tekstur wajah tampak tidak rata.

Memang dibutuhkan upaya perawatan ekstra untuk mengatasi bopeng bekas jerawat. Merangkum Hello Sehat, inilah beberapa kandungan skincare yang sebaiknya ada dalam produk krim jerawat untuk mengatasi bopeng.

Asam salisilat

Baca Juga: 4 Tanda Skincare Aman Bukan Abal-Abal, Ini Kata Dokter Kulit

Asam salisilat terbilang populer dalam berbagai produk perawatan kulit berjerawat. Kandungan skincare satu ini berfungsi membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Asam salisilat juga dapat membersihkan kotoran dari pori-pori dan memudarkan hampir semua jenis bekas jerawat. Walau demikian, pemilik tipe kulit sensitif sangat disarankan untuk perlu melakukan uji tempel sebelum menggunakannya. 

Asam alfa hidroksi (AHA)

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bidara, Ternyata Bisa untuk Bahan Alami Perawatan Kulit

Asam alfa hidroksi (AHA) juga kerap dijumpai pada krim penghilang bopeng bekas jerawat maupun jenis produk skincare lainnya. Bahan ini akan membantu mengelupas permukaan kasar pada kulit sehingga tekstur wajah pun kian membaik.  AHA juga bisa membantu mengurangi munculnya bekas luka. 

Asam laktat

Asam laktat adalah kandungan skincare berikutnya yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan memudarkan bekas luka. Kandungan asam ini bisa dijumpai dalam bentuk krim dan umumnya tersedia di apotek terdekat.

Hanya saja, asam laktat dapat memicu hiperpigmentasi kulit pada beberapa orang. Oleh karenanya, kamu disarankan melakukan uji tempel sebelum menggunakan skincare dengan kandungan bahan ini.

Retinoid

Dokter kulit umumnya akan merekomendasikan krim penghilang bopeng yang mengandung retinoid untuk mengurangi perubahan warna kulit. Retinoid topikal paling direkomendasikan untuk merawat bekas jerawat baru. Ini karena turunan vitamin A tersebut akan membantu mencegah dan mengurangi jaringan parut.

Asam azelaic

Berkat sifat anti-peradangan dan antimikroba, asam azelaic berkhasiat membantu mengobati jerawat dan bekasnya. Kandungan senyawa ini mampu mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat dan membersihkan pori-pori.

Niacinamide

Baca Juga: Sunscreen SPF Palsu Bikin Khawatir, 2 Hal Ini Wajib Diperhatikan saat Memilih Tabir Surya

Ini adalah bentuk vitamin B3 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Niacinamide punya sifat anti-peradangan yang mampu membantu mengobati jerawat dan mengurangi bekas jerawat. Sayangnya, tak semua jenis kulit cocok dengan bahan skincare ini.

BERITA TERKAIT