Usung Kebudayaan Lampung, Indahnya National Costume Indonesia untuk Miss International 2023

Desain National Costime Indonesia dalam ajang Miss International 2023 mengangkat kebudayaan Lampung.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 08 Oktober 2023 icon 09:21 WIB
Usung Kebudayaan Lampung, Indahnya National Costume Indonesia untuk Miss International 2023

National Costume Indonesia untuk Miss International 2023 (Instagram/officialputeriindonesia)

Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari, siap mewakili Indonesia di ajang Miss International 2023 yang digelar di Jepang pada 26 Oktober mendatang. Salah satu hal yang jadi perhatian adalah menyiapkan national costume.

National costume yang akan dibawakan Farhana Nariswari mewakili megahnya kebudayaan lampung dengan mengusung tema "The Royal Siger Splendor: A Majestic Tribute to Lampung's Heritage".

Ini adalah busana karya desainer Inggi Indrayana Kendran. Pada foto-foto yang dibagikan akun Instagram officialputeriindonesia, Farhana Nariswari tampak menggunakan siger emas.

Baca Juga: Masuk Top 10 Miss Universe 2019, Intip Fakta Menarik Frederika Cull

Pada bagian caption unggahan itu, dijelaskan filosofi dari siger yang digunakan Farhana Nariswari. Aksesori itu menggambarkan sikap masyarakat Lampung yang menjaga harga diri dan nama baiknya.

"Terinspirasi dari wanita Lampung yang menggunakan siger di kepalanya. Memiliki makna filosofis yang berkaitan dengan nilai-nilai hidup masyarakat Lampung, yakni Piil Pesenggiri, yaitu sikap untuk menjaga harga diri, nama baik, martabat, dan kehormatan hidup," demikian keterangan yang tertulis.

National costume Indonesia untuk Miss International 2023 didominasi warna hijau. Detail yang menonjolkan warna emas membuat Farhana Nariswari terlihat seperti putri kerajaan saat mengenakannya.

Baca Juga: Selamat! Sireethorn Leearamwat Terpilih sebagai Miss International 2019

Gaun tersebut juga dihiasi berbagai gambar gajah emas. Gajah sendiri merupakan salah satu hewan kebangaan Lampung yang kini terancam punah.

"Melalui busana ini, ingin mengajak wanita Lampung khususnya untuk menjaga keluhuran budaya tanah kelahirannya, salah satunya dengan menjaga keseimbangan alamnya."

Lewat gaun itu, warga Indonesia, khususnya masyarakat Lampung, diajak selalu menjaga keindahan alam sekitar. Adanya motif gajah diharapkan juga mengingatkan betapa penting menjaga habitat demi mencegah kepunahan.

Baca Juga: Sambil Kuliah S2, Model Cantik Ini Bikin Kagum Punya Karier Gemilang

"Lukisan gajah pada ekor busana ini mengingatkan seluruh masyarakat bahwa lampung memiliki spesies Gajah yang terancam dalam garis kepunahan. Gajah merupakan salah satu satwa yang melekat dengan budaya masyarakat di sana. Keberadaannya kini haruslah menjadi perhatian kita demi menjaga keberadaannya," tulis akun officialputeriindonesia.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI