Bukan Cuma Pamer, Ini Alasan Banyak Orang Suka Pakai Barang Mewah

Ternyata ada alasan psikologis di balik kecenderungan orang-orang suka mengenakan barang mewah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 22 Desember 2023 icon 15:00 WIB
Bukan Cuma Pamer, Ini Alasan Banyak Orang Suka Pakai Barang Mewah

Ilustrasi tas Chanel. (Pexels/Aleksandar Pasaric)

Selama ini, rasanya bukan hal aneh melihat kalangan selebritas dan figur publik mengenakan barang mewah dalam keseharian mereka. Masyarakat pun secara umum senang jika bisa memakai produk branded.

Pertanyaannya, mengapa seseorang suka memakai barang mewah, bahkan saat hanya beraktivitas di rumah? Menurut Investopedia, ternyata ada beberapa alasan di baliknya dari sudut pandang psikologis.

1. Membeli Tanpa Berpikir Rasional

Baca Juga: 5 Gaya Outfit Happy Asmara di Panggung, Pesonanya Tak Terbantahkan

Konsumen tidak selalu berpikir rasional saat membeli barang mewah. Jika seseorang bersikap rasional dan berpikir dengan nalar atau logika, dia akan selalu bertindak demi kepentingannya sendiri, termasuk perkara finansial.

Ilustrasi tas Louis Vuitton. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi tas Louis Vuitton. (Pixabay/StockSnap)

Hanya saja, penelitian menyebut manusia modern tidak selalu bertindak rasional. Hal itu kemudian menyebabkan banyak konsumen membeli barang mewah saat merasa dalam posisi keuangan yang mampu membelinya.

2. Pengaruh Harga Diri

Baca Juga: 5 Gaya Outfit Azizah Salsha Pakai Sweater Mewah, Ada yang Harganya Rp24 Juta

Banyak orang menganggap barang mewah yang digunakan bisa sangat membantu meningkatkan harga diri atau rasa percaya diri. Terlebih, akses internet membuat belanja impulsif jadi semakin mudah.

Ada juga orang-orang yang membeli barang mewah sebagai cara mereka menghargai diri sendiri atas kerja keras mereka selama ini. Barang branded bukan sesuatu yang bisa mereka beli sewaktu-waktu, jadi perlu menunggu waktu yang tepat.

3. Pola Pikir Barang Lebih Mahal Kualitas Pasti Lebih Baik

Banyak orang meyakini bahwa barang mahal pasti kualitasnya lebih baik, padahal itu tidak selalu benar. Contohnya, produk iPhone atau Apple dalam bentuk iPad atau Macbook tidak selalu lebih baik dari Samsung, Microsoft hingga Xiaomi. Selain itu, banyak juga produk lokal dengan harga lebih terjangkau yang kualitasnya terjamin.

Baca Juga: 5 Sepatu Mewah Thariq Halilintar, Harganya Termurah Rp14 Juta

Itulah beberapa alasan seseorang senang mengenakan barang mewah. Bagaimana menurutmu?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI