Manfaat Pakai Sunblock Tebal Kayak Luna Maya, Tenyata Bagus untuk Perempuan 40 Tahun

Apa saja manfaat memakai sunblock tebal seperti yang dilakukan Luna Maya saat liburan ke pantai?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 05 Januari 2024 icon 17:00 WIB
Manfaat Pakai Sunblock Tebal Kayak Luna Maya, Tenyata Bagus untuk Perempuan 40 Tahun

Luna Maya meluncurkan NAMA SKIN C BOOSTER FACE SERUM. (Istimewa)

Momen liburan akhir tahun yang dibagikan Luna Maya di media sosial mencuri perhatian. Salah satu hal yang disorot adalah cara Luna Maya menggunakan sunblok saat seru-seruan di pantai.

Banyak warganet bertanya-tanya apakah penggunaan sunblock memang harus setebal yang dilakuakn Luna Maya. Apa manfaatnya?

Sunblock sendiri merupakan produk perawatan yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunblock bekerja dengan cara membentuk lapisan fisik di atas kulit sebagai penghalang sinar UV.

Baca Juga: Rekomendasi Essence Terbaik, Pancarkan Kecantikanmu di Tahun Naga Kayu 2024

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)
Melindungi kulit dengan sunblock. (Shutterstock)

Melihat dari cara kerjanya, tentu saja penggunaan sunblock sangat penting saat seseorang beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Tujuannya adalah menjaga kulit dari efek buruk yang disebabkan paparan sinar UV.

Bagi Luna Maya yang telah berusia 40 tahun, penggunaan sunblock jelas sangat diperlukan untuk menjaga kulit agar tidak semakin cepat menua.

Dilansir dari laman Cerave, ada banyak dampak negatif yang mungkin dialami kulit jika terus terpapar sinar matahari secara langsung. Selain bisa membuat kulit terbakar, paparan sinar UV ini juga memicu masalah penuaan dini dan menyebabkan lebih banyak kerutan, bahkan dapat menjadi penyebab kanker kulit.

Baca Juga: Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Sama-Sama Lindungi Kulit dari Sinar UV

Dokter kulit Dr. Nkem Ugonabo mengungkapkan, paparan sinar matahari dalam jangka panjang akan merusak lapisan pelindung alami kulit. Akibatnya, kulit menjadi gampang iritasi, mengelupas, lebih sensitif, hingga rentan mengalami peradangan.

Dikutip dari laman Bethesda, bagi orang berusia 40 tahun seperti Luna Maya, kondisi kulit yang sudah tidak lagi mudah memang lebih rentan memunculkan tanda-tanda penuaan. Penggunaan sunblock akan membantu memperlambat permasalahan penuaan kulit yang dipicu paparan  sinar matahari.

Bagaimana cara menggunakannya? Sunblock sebaiknya diaplikasikan 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan atau terpapar sinar matahari.

Baca Juga: Luna Maya Pakai Sunblock Tebal Bikin Salfok, Memangnya Harus Begitu?

Gunakan sebanyak dua ruas jari untuk wajah, tetapi bisa lebih tebal jika paparan sinar matahari cukup kuat. Sunblock juga lebih baik diaplikasikan kembali setelah kira-kira dua jam setelah penggunaan sebelumnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI