Pakai Makeup saat Olahraga, Boleh atau Tidak?

Banyak orang senang pakai makeup agar tetap cantik saat olahraga.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 02 Februari 2024 icon 19:30 WIB
Pakai Makeup saat Olahraga, Boleh atau Tidak?

Ilustrasi olahraga yoga. (Unsplash/kike vega)

Menjaga penampilan dianggap banyak orang sebagai hal yang sangat penting, tak terkecuali saat olahraga. Itulah mengapa tak sedikit orang yang memilih menggunakan makeup ketika olahraga seperti jogging atau aktivitas luar ruangan lainnya.

Pertanyaannya, apakah pakai makeup saat olahraga terbilang aman untuk kulit?

Dermatolog dan co-founder MEN/O/LOGY by ZAP, Dr. dr. Endi Novianto, SpKK(K), mengungkapkan bahwa memakai makeup saat olahraga sebenarnya bukan sebuah masalah. Hal itu bahkan dinilai wajar karena orang-orang mungkin ingin tetap terlihat good looking meski sedang berkeringat.

Baca Juga: Mau Cantik Natural? Ini Prediksi 5 Makeup Hacks Terpopuler 2024

Hanya saja, dr. Endi menyarankan untuk memilih riasan yang ringan saja. Jika makeup digunakan secara tebal, hal itu bisa menutup pori-pori dalam tubuh sehingga dapat berdampak kurang baik.

Olahraga yoga di rumah. (Unsplash/Form)
Olahraga yoga di rumah. (Unsplash/Form)

"Sebenarnya kalau mau olahraga pakai makeup itu tujuannya kan supaya kelihatan bagus. Nah, cari makeup yang jangan terlalu berat, tapi agak ringan, sehingga nggak menyumbat pori-pori," kata dr. Endi, dilansir dari Suara.com.

Riasan ringan memungkinkan keringat tetap bisa keluar dari pori-pori dengan leluasa. Jika keringat tersumbat karena pori-pori tertutup makeup, efeknya bisa tidak baik bagi kulit.

Baca Juga: Tasya Farasya Cosplay Jadi Anisha Rosnah, Hasilnya Kayak Anak Kembar

“Soalnya kita olahraga mau kan biar supaya berkeringat dan sebagainya. Kalau nyumbat pori-pori, justru malah nggak terlalu bagus. Jadi sebenarnya boleh tapi jangan berlebihan," terangnya.

Sang dokter juga menyarankan untuk rajin melakukan perawatan kulit dan wajah. Menurutnya, hal ini jauh lebih penting daripada terlalu fokus menutupi kekurangan kulit dengan makeup.

Jika mempunyai kulit sehat, seseorang tak perlu menggunakan makeup berlebihan supaya merasa tetap percaya diri saat olahraga.

Baca Juga: Luna Maya Percaya Diri Pamer Wajah Tanpa Makeup, Teta Dipuji Cantik Meski Penuh Freckles

"Nah, masalahnya itu keringat itu kan cepat hilang, jadi kayak pakai jadi percuma. Paling bagus sih kulitnya dibikin sehat aja. Jadi nggak masalah mau pakai makeup atau enggak," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI