Rambut Gonta-ganti Warna dan Sering Dicatok? Lakukan Ini agar Tetap Sehat

Rahasia rambut sehat dan berkilau meski sering dicatok dan diwarnai.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 25 Maret 2024 icon 17:00 WIB
Rambut Gonta-ganti Warna dan Sering Dicatok? Lakukan Ini agar Tetap Sehat

Ilustrasi rambut. (Unsplash/Clay Banks)

Bukan hanya kulit wajah, rambut juga membutuhkan perawatan yang tepat. Ini karena rambut berpotensi mengalami masalah seperti teksturnya yang kering, kasar, dan mudah patah.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan kondisi ini. Di antaranya adalah penggunaan alat styling seperti catokan dan hair dryer, efek paparan sinar matahari, dan kebiasan gonta-ganti warna rambut. 

Pada kondisi tertentu, penggunaan sampo dan kondisioner saja tidak cukup untuk merawat rambut. Hair expert dr. Nevristia Pratama, Sp.DVE., mengungkapkan, rambut juga butuh antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas dari paparan sinar UV sampai uap panas dari alat styling.

Baca Juga: Perbedaan Perawatan Rambut Rontok Temporer dan Kronis, Ini yang Harus Dilakukan

Menggunakan catok rambut. (Shutterstock)
Menggunakan catok rambut. (Shutterstock)

"Karena antioksidan itu senyawa yang melindungi rambut dari proses penuaan dan radikal bebas seperti sinar UV. Fungsinya untuk menjaga dan melembabkan rambut. Juga harus rutin cuci rambut dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut," ungkapnya, dilansir dari Suara.com.

Seperti apa kebiasaan perawatan rambut perempuan Indonesia? Menurut riset internal Ellips, hanya 41 persen pada rentang usia 15-39 tahun yang menggunakan vitamin rambut. Sisanya, sebanyak 59 persen mengaku tak menggunakan produk kecantikan tersebut karena yakin rambutnya tidak memerlukan perawatan khusus untuk tetap sehat.

Kebanyakan orang juga menganggap tanda penuaan pada rambut cuma soal perubahan warna menjadi putih. Padahal, penuaan rambut bukan hanya perihal munculnya uban.

Baca Juga: Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Rambut, Perkuat Scalp Barrier

"Penuaan rambut itu bukan cuma beruban. Jadi yang awalnya bercahaya jadi kusam, lebih kuning, rambut kering, bercabang sampai patah," ujar dr. Nevrista.

Lewat kampanye #RambutTetapMuda, Ellips mengajak perempuan Indonesia meningkatkan kesadaran perawatan rambut. Head of Marketing Hair & Personal Care, Kino, Lidwina Natalia, mengatakan bahwa merawat rambut sesederhana menambahkan pemakaian vitamin rambut setelah keramas dan mengaplikasikan kondisioner.

"Kandungan moroccan oil pada produk Ellips Hair Vitamin bertindak sebagai antioksidan utama untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada rambut, seperti kering, kusam, rapuh, dan tekstur kasar," kata Liwina.

Baca Juga: Mahalnya Perawatan Kecantikan Kris Dayanti, Sekali Datang Rp75 Juta

Moroccan oil juga kaya vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari paparan sinar UV.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI