Mau Senyum Sehat Seperti Citra Kirana? Jangan Pernah Skip ke Dokter Gigi

Meski sedang berpuasa di bulan Ramadan, jangan ragu ke dokter gigi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 25 Maret 2024 icon 08:15 WIB
Mau Senyum Sehat Seperti Citra Kirana? Jangan Pernah Skip ke Dokter Gigi

Citra Kirana turut menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2024 (Dok.Istimewa)

Kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut masih sangat rendah, padahal besar pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) drg. Usman Sumantri, MSc, mengungkapkan, edukasi berkelanjutan masih menjadi prioritas guna membantu masyarakat memperbaiki perilaku dan kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut.

"Kami terus mengajarkan pentingnya sikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, serta rutin konsultasi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali," ungkapnya dalam Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2024 di Ballroom Masjid Agung Trans Studio, beberapa waktu lalu, dikutip dari siaran pers.

Sang dokter juga mengatakan, "Mengingat tahun ini Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia bertepatan dengan Ramadan, secara khusus kami juga memberikan edukasi untuk menjawab kegelisahan masyarakat mengenai perawatan dokter gigi selama berpuasa."

Baca Juga: Bikin Lebih Semangat, Ini Manfaat Olahraga Bareng Teman

Dijelaskan bahwa pada 2018, PDGI Kota Bandung berupaya meminta fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung. Setelah dikaji dari sisi medis dan agama, sejumlah tindakan seperti pembersihan karang gigi, pencabutan maupun penambalan gigi, hukumnya tidak membatalkan puasa. Pembahasan secara detil tercantum dalam Fatwa MUI Kota Bandung Nomor: 250/E/MUI-KB/V/2018 mengenai Tindakan Kedokteran Gigi.

Lebih lanjut mengenai anjuran masyarakat untuk tetap melakukan perawatan ke dokter gigi, Ustaz Dr. Zulkarnain Muhammad Ali, SE., MSi., Ph.D, Da'i Nasional bersertifikasi MUI & Kemenag RI mengatakan, "Merupakan tanggung jawab kita untuk merawat pemberian Allah, termasuk gigi kita yang penting untuk selalu dijaga kebersihannya. Sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam yang senantiasa bersiwak setiap berwudhu, meski sedang berpuasa."

"Jangan menjadikan puasa sebagai halangan merawat kesehatan gigi. Justru bersemangatlah memastikan gigi dan mulut tetap sehat agar dapat memaksimalkan fokus ketika menjalankan segala amal ibadah Ramadan yang hanya setahun sekali, dan kita pun dapat bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat dengan nyaman," imbuhnya.

Baca Juga: Pebisnis Harus Punya Gaya Hidup Sehat, Ini Alasannya

Sementara itu, Citra Kirana, selebritas yang sangat peduli dengan kesehatan menuturkan, "Aku percaya senyum sehat adalah kunci dari tubuh yang kuat karena aku pernah sakit gigi sampai nggak ngenakkin banget dan jadi susah beraktivitas. Apalagi sakit gigi nggak kenal waktu, pernah juga terjadi saat Ramadan."

Citra Kirana juga mengaku sempat bertanya-tanya, apakah periksa gigi bisa membatalkan puasa. Dia pun lega setelah menemukan jawabannya.

Baca Juga: Cara Cepat Bikin Tubuh Rileks Kembali, Coba Pakai Alat Canggih Ini

"Aku dan keluarga lebih mantap untuk tetap berkonsultasi ke dokter gigi, meski di bulan Ramadan. Tentunya diiringi kebiasaan merawat kesehatan gigi dengan produk berkualitas yang memberikan banyak kebaikan seperti Pepsodent Herbal. Kandungan alaminya membantu gigi tetap sehat dan membuat nafas segar seharian. Insya Allah, saya dan keluarga bisa lebih optimal mengejar keberkahan Ramadan, tanpa gangguan," ujarnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI