Cuaca Panas Rawan Flek Hitam, Ini Cara Mencegahnya

Bagaimana cara mencegah flek hitam pada kulit?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 13 Juni 2024 icon 16:00 WIB
Cuaca Panas Rawan Flek Hitam, Ini Cara Mencegahnya

Ilustrasi kulit terpapar sinar matahari (Pexels/Maggie Zhan)

Cuaca panas dengan paparan sinar matahari yang melimpah nyatanya perlu diwaspadai, terutama efeknya pada kesehatan kulit. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah kulit kusam dan munculnya flek hitam akibat sinar UV.

"Risiko munculnya flek harus diwaspadai. Keluhan ini memang selalu meningkat saat kemarau," ungkap dr. Khoirul Hadi Sp.KK, ahli kulit dan pemilik Be Hati Skin Clinic, dilansir dari Suara.com.

Flek hitam disebabkan penumpukan melanin atau pigmen alami kulit akibat paparan sinar matahari berlebih. Walau umumnya tak berbahaya, kondisi ini bisa mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Baca Juga: 4 Tips Perawatan Kulit untuk Pria, Harus Rajin Pakai Sunscreen

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)

Sang dokter menyarankan dua metode untuk mencegah munculnya flek hitam, yakni secara fisik dan kimia. Metode fisik meliputi penggunaan alat pelindung kulit seperti topi, masker, payung, dan pakaian lengan panjang, sementara metode kimia yang paling populer pemakaian sunscreen.

"Sayangnya, banyak yang menggunakan sunscreen secara kurang tepat sehingga hasilnya kurang maksimal," tutur dr. Khoirul.

Selanjutnya, dijelaskan bahwa penting mengaplikasian sunscreen minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Oleskan merata di seluruh permukaan kulit yang terpapar sinar matahari. Selain itu, reapply setiap dua jam sekali karena keringat bisa melunturkan perlindungannya.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Kulit, Amanda Rawles Hindahi Makanan Junk Food

Penting juga untuk memilih tabir surya yang sesuai kondisi dan karakter kulit. Di Be Hati Skin Clinic, kamu bisa mengandalkan konsultasi dokter secara gratis agar hasil yang didapat lebih optimal.

Sementara itu, jika masalah flek hitam sudah parah, jangan ragu konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan terbaik. Namun, sebelum terlambat, lakukan tiga hal di bawah ini sebagai upaya pencegahan.

1. Selalu gunakan sunscreen

Langkah terpenting adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan PA+++ secara rutin setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

2. Jaga kulit tetap terhidrasi

Kulit kering dan dehidrasi bisa memperparah munculnya flek hitam. Jadi, kamu harus minum air putih yang cukup, minimal delapan gelas per hari. Selain itu, jangan lupa pakai pelembap wajah sesuai jenis dan kebutuhan kulit.

3. Eksfoliasi kulit

Baca Juga: Maunya Semakin Glowing, Ini 4 Perawatan Kecantikan Kecantikan Paling Diminati 2024

Langkah ini bantu mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Lakukan 1-2 kali sepekan dengan produk eksfoliasi yang sesuai jenis kulitmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI