Fashion

Mengenal Lebih Dekat Ethical Fashion

Ketika industri mode lebih bertanggung jawab.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi model. (Unsplash)
Ilustrasi model. (Unsplash)

Dewiku.com - Industri mode bergerak sangat cepat, modelnya terus berganti dan menarik untuk diikuti. Namun sayang dalam proses produksinya masih memiliki efek buruk, karena itulah sekarang muncul ethical Fashion.

Konsumen kini kian menggemari fast fashion yaitu produk fesyen yang cepat berganti tren, memiliki biaya produksi yang murah, namun terbatas waktu penggunaannya karena kurang berkualitas.

Di sisi lain, fast fashion membuat penekanan biaya produksi oleh pabrik yang cukup drastis, sehingga membuat para buruh pabrik mendapatkan upah yang tidak layak dan tidak sebanding dengan kondisi pekerjaan mereka yang menguras waktu dan tenaga.

Melihat efeknya yang makin destruktif, ethical fashion hadir untuk meredam pertumbuhan fast fashion.

Ethical Fashion adalah sebuah konsep atau gerakan fashion yang memperhatikan hak-hak dan kesejahteraan pekerjanya, juga sekaligus melindungi lingkungan dengan memperhatikan proses produksinya.

Ilustrasi fashion warna hijau. (Pexels/Leah Kelley)
Ilustrasi fashion warna hijau. (Pexels/Leah Kelley)

 

Kebalikan dari fast fashion, ethical fashion mengutamakan ketelitian mulai dari pemilihan bahan baku, pemilihan pola dan motif, pewarnaan, hubungan desainer dengan perajin, hingga manfaat bagi masyarakat.

Untuk penerapan ethical fashion sendiri bisa dilakukan oleh industri serta konsumen. Bagi industri harus lebih memperhatikan lagi dampak lingkungan serta kelayakan dari sisi upah bagi para pekerjanya.

Sedangkan dari sisi konsumen cukup mudah kok, seperti membeli pakaian preloved, mendaur ulang busana, hingga membeli busana yang model atau warnanya akan selalu mengikuti tren.

Bagaimana? Sudah tertarik menerapkan konsep ethical fashion?

Berita Terkini