Bikini Bernuansa Asia Ini Tuai Kritik Pedas Netizen, Rasis?

Bukan karena terlalu seksi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 14 Januari 2019 icon 10:15 WIB
Bikini Bernuansa Asia Ini Tuai Kritik Pedas Netizen, Rasis?

Ilustrasi bikini. (Unsplash/STIL)

Seorang mahasiswa jurusan fesyen bernama Vanessa Danelle mendapat kecaman dan kritik pedas dari netizen. Dia dianggap rasis karena mengeluarkan seri bikini bertema Chinoiserie.

Chinoiserie adalah seri pakaian renang yang mengacu pada motif dan teknik pembuatan pakaian ala Cina yang kemudian diterapkan pada sesuatu bernuansa Barat.

Beberapa pengguna media sosial kemudian menuduh Vannesa melakukan perampasan budaya dan meminta agar desainnya ditarik dari pasaran.

Pengguna Twitter @taejkang bahkan mengirim pesan ke desainer itu. Dia bilang, bikini rancangan Vanessa telah mempromosikan seksualitas secara berlebihan dan fetishisasi pada perempuan Asia.

Meski demikian, Vannesa Danelle menolak klaim tersebut.

Bikini bernuansa Asia. (Instagram/@palaisdudesir)
Bikini bernuansa Asia. (Instagram/@palaisdudesir)

''Ini hanya kain dan jika orang kulit hitam (tidak bisa) menggunakan kain Asia (beri tahu saya) di mana hukum itu ditulis. Berhentilah mencari alasan untuk tersinggung,'' ungkap mahasiswa Fashion Institute of Technology itu melalui akun Instagram pribadinya, dilansir dari NY Post.

Vannesa adalah seorang mahasiswi jurusan fesyen dengan latar belakang ras Afrika. Melalui brand pakaiannya, Palais Du Dèsir, dia mengunggah foto dan video yang mempromosikan pakaian renang alias bikini reversibel Chinoiserie yang bakal dijual pada Tahun Baru Imlek, 5 Februari 2019 mendatang.

(Suara.com/Risna Halidi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI