Stylish dan Modest, 5 Busana Muslim Terfavorit Saat Ini

Busana muslim terfavorit yang paling banyak dicari.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 24 Maret 2019 icon 14:00 WIB
Stylish dan Modest, 5 Busana Muslim Terfavorit Saat Ini

Ilustrasi perempuan hijabers. (Pixabay)

Ramadan dan Lebaran mungkin masih lama. Namun, sebagian besar masyarakat rupanya sudah mulai mempersiapkan diri dengan berbelanja busana Muslim.

Tren tersebut bertambah populer selama beberapa tahun terakhir, terutama di Tokopedia. ''Berdasarkan data Tokopedia (Februari 2019), ada peningkatan transaksi pada kategori busana Muslim sebesar 4 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, bahkan pada dua bulan menjelang Ramadan,'' ungkap VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, melalui siaran pers yang diterima DewiKu.com, belum lama ini.

''Perkembangan ini menunjukkan betapa besarnya antusiasme dari pelanggan kami terhadap merek-merek busana Muslim yang bertumbuh bersama kami di platform Tokopedia,'' kata dia lagi.

Baca Juga: 5 Desainer Muslim Indonesia Ini Berkarya di Kancah International

Selain itu, banyak merek busana Muslim yang kini berkembang pesat di era transformasi digital. Kualitasnya bahkan sudah mampu bersaing dengan merek luar negeri. Sebagai inspirasi, berikut adalah 5 produk busana Muslim terfavorit dan paling dicari di Tokopedia selama Ramadan;

1. Gamis

Memiliki model yang sederhana namun elegan, gamis pada umumnya sering dipakai pada acara-acara khusus, seperti Hari Raya Lebaran. Sekarang tidak lagi sulit menemukan berbagai pilihan menarik dengan bertambahnya merek busana Muslim yang impresif, khususnya gamis perempuan di Tokopedia.

Baca Juga: Vivi Zubedi Harumkan Nama Indonesia dalam New York Fashion Week

FYI, siapa yang masih kesulitan untuk membedakan antara gamis, abaya, dan kaftan? Gamis umumnya berbentuk panjang dan sedikit longgar pada lekukan di bagian pinggang. Abaya biasanya terbuat dari bahan sintetis hitam dan dihiasi dengan bordir atau payet berwarna sehingga terlihat lebih mewah. Kaftan sendiri meskipun hampir serupa dengan gamis, berbentuk lebih longgar dan berlengan panjang.

Perempuan berhijab. (Unsplash/Rawpixel)
Perempuan berhijab. (Unsplash/Rawpixel)

2. Hijab instan

Seiring berjalannya waktu, model hijab pun semakin beragam, mulai dari yang sederhana hingga yang dapat dikreasikan sesuai selera masing-masing.

Hijab instan merupakan salah satu contoh hijab yang banyak digemari oleh pengguna Tokopedia karena mudah dan praktis penggunaannya. Motif dan modelnya pun sangat banyak sehingga tinggal pilih berdasarkan kenyamanan.

3. Pashmina

Serupa tapi tidak sama. Pashmina sedikit berbeda dengan jilbab atau kerudung, walau fungsi utamanya sebagai penutup aurat tetap sama.

Pashmina dikenal dengan istilah cashmere di negeri barat. Hal itu karena orang Eropa pertama kali menemukan serat ini dalam kambing di daerah Kashmir.

Berkat bahan pashmina sangat hangat dan lembut, selendang pashmina yang handmade termasuk salah satu kain paling mahal. Pashmina semakin banyak digemari sebagai aksesori busana muslin karena ukurannya yang lebih panjang sehingga memungkinkan variasi model sesuai dengan kreatifitas pemakai. Dibandingkan jilbab biasa yang berbentuk persegi, pashmina relatif lebih dapat dengan mudah dibentuk dengan berbagai macam gaya dan kebutuhan individu.

Perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)
Perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)

4. Blouse Muslim

Pilihan busana Muslim bukan hanya gamis atau kaftan, baju atasan juga menjadi preferensi masyarakat saat ingin tampil stylish dengan memakai bawahan seperti celana atau rok panjang.

Ada perempuan suka mengenakan gamis atau kaftan yang panjang, tapi ada juga perempuan yang merasa lebih nyaman memakai blus dengan celana untuk outfit sehari-harinya. Memadukan warna yang elegan untuk atasan dan bawahan pun bukan hal sulit.

5. Mukena

Istilah mukena sebenarnya tidak dapat ditemukan di negara lain kecuali Indonesia, Malaysia dan Singapura. Bahkan pemakaian mukena oleh Muslimah di luar negeri jarang ditemukan karena bagi mereka menggunakan baju rapi, panjang yang menutup tubuh kecuali wajah dan telapak tangan saja sudah mencukupi.

Ilustrasi perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)
Ilustrasi perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)

Tradisi membeli mukena baru untuk menyambut Ramadan juga dipertahankan oleh banyak pengguna Tokopedia setiap tahunnya. Baik untuk ibadah tarawih maupun Hari Raya Idul Fitri, mukena menjadi peralatan salat esensial yang selalu dicari masyarakat.

Dulu masyarakat berpikir bahwa mukena harus selalu berwarna putih bersih. Namun seiring perkembangan zaman, kini muncul berbagai pilihan mukena dengan variasi model, warna, dan bahan.

Baca Juga: Intip Gaya Berhijab Dian Pelangi saat Berlibur ke Maladewa

Memilih busana Muslim terbaik untuk Ramadan dan Lebaran bisa jadi membingungkan, mengingat ada begitu banyak pilihan yang tersedia. Namun, hal terpenting adalah perhatikan kenyamanan. Nah, turut merayakan euforia menjelang Ramadan, Tokopedia menghadirkan promo pengiriman gratis bagi Official Store dan marketplace dalam kategori Fashion Muslim hingga 14 April 2019 mendatang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI