5 Tips Memilih Boots bagi Pengendara Sepeda Motor

Berikut tips memilih boots agar tetap aman dan nyaman saat berkendara

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 24 Maret 2019 icon 15:00 WIB
5 Tips Memilih Boots bagi Pengendara Sepeda Motor

Beda gaya boncengan sepeda motor. (Unsplash/James Gillespie)

Sepatu boots telah menjadi populer di kalangan pengendara sepeda motor. Hal itu karena tipe sepatu ini menawarkan perlindungan dan daya tahan yang mereka butuhkan ketika berkendara di jalanan, sekaligus bisa tetap modis saat dipakai di dalam kantor atau mal.

Ketika memilih boots yang serbaguna, pengendara sepeda motor perlu memperhatikan beberapa karakteristik demi memastikan sepatu plihan mereka memang melindungi dan membantu mereka berkendara dengan aman di bawah kondisi jalan atau cuaca apapun.

Berikut tips memilih boots bagi pengendara sepeda motor, dirangkum dari rilis Timberland.

Baca Juga: 5 Gaya Selebriti Indonesia Pakai Boots, Siapa Paling Keren?

1. Kulit yang tebal

Sepatu boots kulit punya ketebalan yang bervariasi. Bagi pengendara sepeda motor, lebih baik menggunakan sepatu boots berbahan kulit yang tebal dan fleksibel. Hal itu memungkinkan untuk menggerakkan kaki dengan bebas serta mendapatkan perlindungan yang layak.

Selain itu seandainya terjatuh atau mengenai benda tajam saat berkendara, kulit tebal yang tidak mudah robek akan melindungi pengguna dari goresan dan memar 

Timberland Brooklyn Boot. (Istimewa/Dok.Zeno Group/Timberland)
Timberland Brooklyn Boot. (Istimewa/Dok.Zeno Group/Timberland)

2. Sol karet dengan cengkraman yang kuat

Pengendara sepeda motor akan membutuhkan sepatu boots yang ‘mencengkram’ pijakan kaki sekuat cengkraman di jalanan.

Sol karet, seperti sol lug, dengan pinggiran yang dibentuk secara sempurna, menawarkan cengkraman kuat di atas jalanan licin karena air atau minyak sehingga membuat para pengendara sepeda motor tetap aman. Sol ini juga diperlukan untuk melindungi kaki dari menginjak benda tajam di jalan.

3. Badan boots yang dijahit ke sol

Ciri-ciri sepatu boots yang baik lainnya adalah ketika badan sepatunya dijahit dengan kuat ke sol, bukan hanya dilem. Ini adalah fitur yang sangat penting untuk memastikan sepatu boots tidak robek di bagian sol saat pengendara secara tidak sengaja terjatuh dari kendaraannya.

Sol yang dijahit juga membantu daya tahan sepatu dan memungkinkan pengguna untuk menggunakannya selama bertahun-tahun.

Produk sepatu bot dari Timberland. (Istimewa/Dok.Zeno Group/Timberland)
Produk sepatu bot dari Timberland. (Istimewa/Dok.Zeno Group/Timberland)

4. Bahan yang tahan banting dalam segala cuaca

Sepatu boots yang dikenakan pengendara sepeda motor harus menjaga kaki agar tetap kering dalam kondisi cuaca apapun. Sepatu boots harus tahan air walau terbuat dari kulit yang dipoles, nubuck, atau suede untuk melindungi kaki saat hujan atau ketika secara tidak sengaja menginjak genangan air.

Pada saat yang sama, sepatu boots harus mempunyai ventilasi yang baik sehingga kaki masih bisa bernafas walaupun cuaca dan jalan panas.

Produk sepatu bot dari Timberland. (Istimewa/Dok.Zeno Group/Timberland)
Produk sepatu bot dari Timberland. (Istimewa/Dok.Zeno Group/Timberland)

5. Tali sepatu yang kuat

Sepatu boots dieratkan dengan berbagai cara, kebanyakan dengan tali sepatu, meskipun ada beberapa yang menggunakan gesper. Bagi pengendara sepeda motor, tali sepatu menawarkan beberapa keuntungan.

Pertama, mereka dapat dilonggarkan atau dikencangkan, terutama saat pengendara sepeda motor mengenakan kaus kaki. Selain itu, sepatu boots ini dapat dengan mudah dibuka dan dilepas dari jika pengendara sepeda motor jatuh dan terluka. Demi keamanan ekstra, pengendara sepeda motor harus memilih sepatu boots dengan tali sepatu tebal yang terbuat dari bahan keras dan tahan lama, seperti ripcord.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI