Tangannya Cuma Satu, Model Ini Percaya Diri Tampil di London Fashion Week

London Fashion Week telah menjadi ajang mode inklusif.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 23 April 2019 icon 12:45 WIB
Tangannya Cuma Satu, Model Ini Percaya Diri Tampil di London Fashion Week

Kelly Knox, model berkebutuhan khusus. (Instagram/@itskellyknox)

Ajang peragaan busana sekelas London Fashion Week, sepertinya bukan lagi hanya tempat bagi orang-orang cantik dengan bentuk fisik sempurna. Kehadiran Kelly Knox telah membuka mata dan menginspirasi banyak orang untuk menilai seseorang tidak cuma dari penampilan fisiknya.

Kelly Knox adalah model disabilitas yang lahir tanpa lengan kiri. Awalnya ia sangat skeptis terhadap dunia. Baginya, dunia ini sangat keji karena tidak membiarkannya merasakan hal seperti orang lain.

Ia sempat hidup dengan tangan palsu. Namun di pertengahan jalan hidupnya, Kelly Knox memutuskan untuk membuang lengan palsu. Ia pun mengatakan kepada temannya jika ingin menjadi model.

Baca Juga: Punya Kelainan Jantung Berlubang, Gadis Cilik Ini Jadi Model Terkenal

''Kamu ingin menantang kamera?'' tanya temannya saat itu dan langsung diiyakan oleh Kelly dengan penuh keyakinan.

Perempuan 34 tahun ini sudah 11 tahun berjuang. Dia berkali-kali ditolak ketika ingin menjadi model. Namun saat hampir putus asa, kesempatan dan kepercayaan datang kepadanya.

Kelly Knox, model berkebutuhan khusus. (Instagram/@itskellyknox)
Kelly Knox, model berkebutuhan khusus. (Instagram/@itskellyknox)

Baru-baru ini, langkah kaki Kelly Knox sukses menerjang panggung London Fashion Week. Ia melakukan semacam tarian balet saat melangkah di atas catwalk, pesonanya membius pengunjung yang hadir, ditambah dengan rambut emasnya yang bergoyang seiring hentakan pinggulnya.

Baca Juga: Inspiratif, Begini Curhat Ramzan Miah Berjuang di Dunia Fashion

''Berada di sana (catwalk), rasanya seperti ingin berkata, 'hei, lihat aku, betapa cantiknya aku','' ucap Kelly Knox, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (22/4/2019) kemarin.

Ibu satu anak ini bersyukur bahwa kini industri mode telah merangkul keberagaman, seperti model-model plus size, berkulit hitam, disabilitas, serta transgender.

Walau begitu, Kelly tidak suka dengan kata 'cacat'. Hidup tanpa lengan kiri, ia malah merasa memiliki fisik yang menarik, sesuatu bagi hidupnya.

Dia bahkan ingin menjadi duta model berkebutuhan khusus. ''Aku dilahirkan untuk menyampaikan pesan penting. 'Kamu cantik, apa pun penampilanmu','' ungkapnya.

Kelly Knox, model berkebutuhan khusus. (Instagram/@itskellyknox)
Kelly Knox, model berkebutuhan khusus. (Instagram/@itskellyknox)

Kelly Knox mengungkapkan walaupun dia tahu beberapa orang akan menolak kehadiran dan kecantikannya, itu tidak akan pernah menghentikan langkahnya.

''Saya ingin orang-orang cacat merasakan kekuatan-untuk tidak merasa malu atau bersalah tentang tubuh mereka yang luar biasa,'' tuturnya.

Pada 2017, Kelly Knox menjadi salah satu model disabilitas pertama untuk membintangi London Fashion Week, ia berjalan di atas catwalk untuk duo desain Inggris/Irlandia, Teatum Jones.

''Saya mewujudkan segala sesuatu tentang perempuan Teatum Jones, kuat, percaya diri dan kreatif. Mengenakan gaun putih yang menakjubkan di atas catwalk. Jujur, saya merasa seperti malaikat di kehidupan nyata. Warna, desain, jahitan, tekstur, dan material benar-benar memberi saya kekuatan,'' ujarnya bangga.

Baca Juga: Victoria Beckham Merilis Busana Minimalis Terbaru

Kelly Knox menjadi model disabilitas yang cukup mencuri perhatian di panggung London Fashion Week. Dia pun kini menjadi salah satu role model disabilitas. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI