Buluk Banget, Sneakers Vintage Nike Moon Sukses Terjual Rp 6 Miliar

Nike Moon adalah salah satu sneakers paling bersejarah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 26 Juli 2019 icon 18:00 WIB
Buluk Banget, Sneakers Vintage Nike Moon Sukses Terjual Rp 6 Miliar

Nike. (Unsplash/Jan Böttinger)

Pekan lalu, Stadium Goods dan Sotheby bekerja sama untuk pelelangan "Ultimate Sneaker Collection". Mereka menampilkan jajaran 100 sepatu yang paling langka dari beberapa dekade, termasuk Nike Moon.

Melansir dari Sole Collector, beberapa hari setelah lelang diumumkan, pengusaha dan investor Kanada, Miles Nadal diketahui membeli semua kecuali satu sneakers.

Ia menghabiskan total USD 850.000 atau Rp11,8 miliar untuk membeli 99 sneaker. Satu sneakers yang tertinggal merupakan sepasang alas kaki paling bersejarah, yakni sneakers Nike Moon asli dari tahun 1972.

Baca Juga: Terbuat dari Sisa Kopi, Intip Kecenya Sneakers Ramah Lingkungan Ini

Nike Moon Shoes adalah salah satu sneakers pertama yang dibuat oleh pendiri Nike, Bill Bowerman dengan cetakan waffle. Sepatu yang hanya dibuat sebanyak 12 pasang tersebut dipakai untuk pelari pada uji coba Olimpiade 1972.

Sebelum pelelangan, Sotheby memperkirakan sepatu vintage itu bakal terjual dengan harga antara USD 110 ribu - USD 160 ribu. Namun, rupanya sepatu tersebut terjual dengan harga 4 kali lipat dari prediksi awal.

Nike Moon Shoes. (Instagram/@sothebys)
Nike Moon Shoes. (Instagram/@sothebys)

Sneakers Nike Moon berhasil terjual seharga USD 437.500 atau setara Rp6 miliar. Wow!

Baca Juga: Kanye West Berencana Jadikan Yeezy Lebih Ramah Lingkungan

Sepatu itu kemudian diberikan kepada Stadium Goods and Sotheby oleh pendiri Shoezeum, Jordan Geller. Dia pun mengatakan itu adalah penjualan sneakers termahal yang pernah ada.

Baca Juga: Musim Panas 2019, Ini Koleksi Lansiran PUMA Sportstyle Terbaru

Terjualnya Nike Moon shoes berarti membuat lelang yang digelar Stadium Goods dan Sotheby sukses. Sebanyak 100 sepatu langka yang dipamerkan ludes terjual.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI