Cara Pakai Ulang Sunscreen Ketika Pakai Makeup

Tabir surya atau sunscreen dianjurkan dipakai berulang atau reapply agar kulit wajah tetap terproteksi optimal.

By: Rendy Adrikni Sadikin icon Jumat, 17 Februari 2023 icon 17:00 WIB
Cara Pakai Ulang Sunscreen Ketika Pakai Makeup

ilustrasi sunscreen/pinterest.com

Tabir surya atau sunscreen dianjurkan dipakai berulang atau reapply agar kulit wajah tetap terproteksi optimal. Dermatologis dr. Srie Prihianti, Sp.KK(K). PhD., menjelaskan bahwa reapply itu perlu dilakukan karena sunscreen memang akan luntur setelah beberapa jam, terutama bila aktivitas banyak berkeringat. 

"Kita harus memilih sunscreen yang sesuai dengan aktivitas. Misalnya, kita sudah memilih sunscreen yang full protection kemudian aktivitas hanya dalam ruangan saja, tantu tidak akan banyak terpapar banyak. Tapi kalau misalnya aktivitas di luar ruangan itu yang sebetulnya wajib (reapply)," jelas dokter Srie ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Secara teori, reapply sunscreen dianjurkan setiap 2-3 jam sekali. Tetapi, bagaimana cara reapply sunscreen yang benar bila masih menggunakan Makeup? 

Baca Juga: Apakah Kamu Punya Masalah Kulit Sensitif? Begini Tips Melindunginya

Ilustrasi memakai sunscreen. (Pexels/Armin Rimoldi)
Ilustrasi memakai sunscreen. (Pexels/Armin Rimoldi)

Diakui dokter Srie kalau kemungkinan memang akan menyebabkan rasa tidak nyaman bila memakai ulang sunscreen ketika masih ada Makeup di wajah. Meski begitu, sebetulnya tidak juga dianjurkan harus mencuci wajah setiap kali akan reapply sunscreen.

"Enggak usah dicuci dulu, tumpuk aja karena pasti sudah hilang. Apalagi kalau kita misalnya berlibur ke Bali, udah berkeringat segala macam, kita berenang di laut, itu larut pasti. Jadi nggak usah dicuci dulu, tumpuk aja langsung," sarannya.

Tetapi, bila dalam kondisi biasa yang tidak sampai menyebabkan banyak berkeringat, cukup dengam membasuh wajah dengan air juga cukup. Atau bagi umat muslim setelah berwudhu juga bisa langsung reapply sunscreen. Bila riasan tidak terlalu tebal, diusap dengan menggunakan misellar water juga tidak masalah.

Baca Juga: SPF Tinggi Melindungi Kulit dengan Lebih Baik? Begini Faktanya

"Kecuali kalau misalnya profesinya misalnya artis yang harus Makeup tebel, itu kan sulit. Mau nggak mau memang harus dihapus dulu. Kuncinya memang memilih sunscreen yang diawal itu penting banget. Kalau sunscreen-nya kurang protektif terus kita pakainya sebentar sulit (melindungi kulit)," katanya.

Baik pemakaian awal maupun reapply, dokter Srie mengingatkan bahwa menggunakan sunscreen harus selalu debanyak dua ruas jari tangan. Tujuannya, agar proteksi dari kandungan SPF dan PA pada tabir surya itu sesuai didapatkan.

Baca Juga: Brand Ini Hadirkan Produk Kecantikan Berbahan Beras Premium YeoJu Asal Korea, Bikin Kulit Lebih Cerah dan Lembut

DEWIKU.com/Lilis Varwati

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI