Pakai 4 Cara Ini Biar Kolesterol Tetap Aman saat Lebaran

Pada dasarnya, kamu hanya perlu mempertahankan pola hidup sehat agar kolesterol tidak naik saat merayakan Idul Fitri.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 12 Juni 2018 icon 17:54 WIB
Pakai 4 Cara Ini Biar Kolesterol Tetap Aman saat Lebaran

Ilustrasi foto / pixabay.com

Lebaran adalah surga bagi pecinta kuliner lezat. Semuanya menggugah selera, mulai dari opor ayam, rendang, sambal goreng hati, sampai aneka kue ringan seperti nastar dan kastangel. Sayangnya, kalau semua dimakan sembarangan, kolesterol naik yang jadi taruhannya.

Jangan panik dulu. Berikut ada beberapa tips mencegah kolesterol naik saat Lebaran. Apa saja ya?

1. Hindari makan daging berlemak tinggi

Walaupun menggugah selera, ingatlah kalau daging berlemak tinggi bisa meningkatkan kadar kolesterol. Sekadar mencicipi saja boleh, tapi jangan kebanyakan.

Kalau alasannya makan daging karena butuh protein, kamu juga bisa mendapatkannya dari bahan makanan lain, seperti biji-bijian. Olahan kacang kedelai berupa tempe dan tahu, contohnya. Selain jadi sumber protein nabati, kedelai juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol lho. Kestabilan gula darahmu juga akan lebin terkontrol.

2. Jangankan kebanyakan menikmati masakan bersantan

Instagram / @podo.roso

Instagram / @podo.roso

Opor enak, rendang juga lezat. Cuma kalau terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan seperti itu, kolestorol bisa langsung naik. Berhubung lagi Lebaran dan bakal ada yang kurang kalau tidak menyantap opor ayam, cheating sedikit boleh deh.

Akan lebih baik kalau opor yang kamu konsumsi tidak dimasak dengan santan yang terlalu kental. Tapi tetap jangan kalap! Sedikit saja, 1-2 kali cukup. Lebih? Jangan.

3. Batas konsumsi makanan dan minuman manis

Ilustrasi kue kering / pexels.com

www.pexels.com

Jenisnya bisa macam-macam, mulai dari kue kering, cake, coklat, sampai sirup dan cola. Walaupun terlihat menggiurkan, kendalikan dirimu untuk tidak mengambil semuanya, apalagi berkali-kali atau dalam jumlah banyak.

Konsumsi manis berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam keluhan. Bukan cuma kolesterol tapi diabetes juga.

4. Jangan lupakan buah dan sayur

Ilustrasi sayur dan buah / pixabay.com

www.pixabay.com

Inti dari menjaga keseimbangan kadar kolesterol adalah konsumsi makanan dengan gizi berimbang. Selain daging dan ketupat atau lontong sebagai sumber karbohidrat, sayur dan buah tidak boleh ketinggalan. Kandungan vitamin dan seratnya juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

5. Sempatkan olahraga ringan

Ilustrasi foto / pexels.com

www.pexels.com

Kesibukan silaturahmi saat Lebaran bukan berarti jadi penghalang untuk melakukan olahraga. Kamu bisa jogging, senam, atau yoga sebentar di pagi hari, 15 menit saja cukup kok.

Saat mendatangi rumah tetangga untuk bersilaturahmi, mungkin lebih baik kamu jalan kaki saja ketimbang naik kendaraan. Lumayan bisa sekalian olahraga kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI