Pastikan Makanan Penuh Nutrisi Ini Selalu Kamu Santap

Saatnya rajin menyantap makanan penuh nutrisi ini agar tubuh senantiasa sehat!

By: Agung Pratnyawan icon Jumat, 22 Juni 2018 icon 21:14 WIB
Pastikan Makanan Penuh Nutrisi Ini Selalu Kamu Santap

Pexels.com

Berbagai olahan junk food memang memanjakan lidah, tapi enggak bisa menandingi manfaat dari makanan alami bernutrisi yang Dewiku.com rangkum di bawah ini.

Karena enggak hanya menyehatkan, jika dikonsumsi secara rutin makanan ini berperan penting menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit. Jadi, pastikan makanan berikut selalu ada di menu makanmu sehari-hari ya!

1. Tomat

Baca Juga: Kolesterol Jahat dalam Tubuh Bisa Dinetralkan dengan Makanan Ini

Pexels.com
Pexels.com

Tomat terkenal kaya Vitamin C dan beta karoten. Penelitian menyebutkan, tomat yang mengandung lycopene yang dapat memperkuat sel imun serta menjadi antioksidan alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah serangan radikal bebas. 

2. Brokoli Hijau

Baca Juga: Jangan Asal Buang, 4 Makanan Ini Bebas Kedaluwarsa Lho!

Pexels.com
Pexels.com

Si hijau satu ini merupakan sayuran tanpa lemak yang rendah sodium, kaya serat dan kaya vitamin C, potasium, B6 dan Vitamin A. Rutin mengkonsumsinya bermanfaat untuk pencernaan, sistem kardiovaskular, sistem kekebalan tubuh, anti inflamasi dan pencegahan kanker. 

3. Paprika merah

Pexels.com
Pexels.com

Saudara dari cabe ini mengandung Vitamin C yang tinggi serta sumber karotenoid. Sebuah penelitian menyebutkan, individu yang rutin mengonsumsi karotenoid selama hidup mereka risiko kematiannya lebih rendah karena terhindari dari penyakit jantung, kanker dan stroke. 

4. Jamur

Pexels.com
Pexels.com

Jamur mengandung salah satu jenis mineral yaitu selenium. Mineral ini dapat memengaruhi fungsi enzim hati dan membantu detoksifikasi zat-zat yang dapat menyebabkan kanker. 

5. Biji-bijian

Pexels.com
Pexels.com

Baca Juga: Setelah Lebaran, Kembalikan Tubuh Idealmu dengan Makanan Ini

Biji-bijian dan kacang-kacangan (yang tentu saja tanpa digoreng pakai minyak) mengandung mikronutrien yang baik, termasuk phytosterol (mengurangi level kolesterol), mineral, dan antioksidan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI