Kenapa Sih Perlu Makan Buah Sebelum Makan Nasi?

Makan buah saat perut kosong lebih dianjurkan, girls.

By: Dinar Surya Oktarini icon Jumat, 29 Juni 2018 icon 13:18 WIB
Kenapa Sih Perlu Makan Buah Sebelum Makan Nasi?

Pexels.com

Mungkin banyak dari kamu yang sudah sering mendengar anjuran untuk makan buah sebelum makan nasi. Namun karena sudah kebiasaan, kamu pun enggan melakukannya.

Nah di ulasan kali ini, Dewiku.com ingin mengingatkan kembali kenapa kamu perlu makan buah sebelum makan yang berat-berat.

1. Buah mengandung gula

Kita disarankan untuk makan buah 20-30 menit sebelum makan nasi, alasan utamanya karena buah mengandung gula dan membutuhkan waktu untuk mencerna. Kalau kita makan buah setelah makan nasi, maka waktu untuk mencernanya pun makin lama.

Baca Juga: Konsumsi Nasi Merah Berlebihan Ada Efek Sampingnya Lho

2. Menyerap nutrisi

Jika kamu makan buah setelah makan yang berat-berat, maka nutrisi dari buah nggak maksimal diserap oleh tubuh. Maka dari itu, makan buah di pagi hari atau saat perut kosong sangat disarankan karena membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting yang ada dalam buah-buahan.

Makan pagi dengan potongan buah dan jus buah lebih disarankan dibanding makan berat dengan sepiring nasi dan lauk pauk. Saat pagi hari kita membutuhkan energi yang cukup untuk memulai berbagai aktivitas dengan mengonsumsi buah berarti kita memberikan asupan energi yang mudah diserap tubuh.

3. Detoksifikasi

Konsumsi buah saat perut kosong juga disarankan, karena dapat membantu mendetoksifikasi sistem pencernaan kita. Sebuah studi mengklaim, saat seseorang suka makan buah saat perut kosong dapat membuang racun di sistem pencernaannya, dengan begitu gangguan pencernaan pun dapat dihindari. Buah punya nutrisi serat alami yang nggak bisa diganti dengan makanan lain.

4. Mengontrol nafsu makan
Sudah disebutkan di atas bahwa buah mengandung gula atau fruktosa yang mudah terserap tubuh, sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu pun jadi enggan makan berlebihan setelahnya. Jadi, buat kamu yang lagi program diet atau ingin mengontrol berat badan, mengkonsumsi buah sebelum makan sangat dianjurkan.

Meski makan buah sebelum makan berat lebih dianjurkan, tapi mengonsumsinya setelah makan besar boleh-boleh saja kok. Nggak ada salahnya menjadikan buah sebagai pencuci mulut. Asal diberi jeda sekitar 2-3 jam ya, supaya makanan berat sudah tercerna dengan baik terlebih dahulu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI