Meredakan Stres dengan 7 Makanan Ini

Makanan adalah solusi alternatif untuk meredakan stres.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 01 Agustus 2018 icon 10:36 WIB
Meredakan Stres dengan 7 Makanan Ini

Ilustrasi makanan. (Burst Shopify)

Masalah pribadi, beban kerja, sampai kemacetan jalan raya bisa menjadi faktor stres. Salah satu cara untuk meredakan stres adalah makan. Tapi jangan sampai salah pilih makanan sehingga kesehatanmu malah jadi terganggu.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa makanan yang bagus untuk meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik juga. Hanya untuk kamu, Dewiku.com sudah merangkum semua informasinya. Simak di bawah ini yuk!

1. Alpukat

Baca Juga: Jangan Panik, Inilah 5 Cara Gampang Meredakan Stres

Ilustrasi buah alpukat. (Pexels)
Ilustrasi buah alpukat. (Pexels)

Buah hijau yang menjadi favorit untuk dijadikan jus oleh banyak orang ini bisa meredakan stres, lho. Alpukat mempunyai kandungan vitamin E, folat, dan beta karoten. Buah ini juga mengandung kalium yang berguna menimbulkan rasa tenang di dalam tubuh dan pikiran kita.

2. Salmon

Ilustrasi ikan salmon. (Pexels)
Ilustrasi ikan salmon. (Pexels)

Kandungan asam lemak dari omega 3 dalam ikan salmon mempunyai sifat yang dapat membantu menurunkan efek negatif dari hormon stres.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ternyata Tak Sesehat yang Kamu Kira

3. Sayuran hijau

Ilustrasi sayuran hijau. (Pexels)
Ilustrasi sayuran hijau. (Pexels)

Sayuran hijau suah terkenal menyehatkan bagi tubuh. Kandungan folat di dalamnya dapat menghasilkan dopamin, zat kimia yang bisa merangsang otak untuk menciptakan rasa bahagia. Sehingga mengkonsumsi sayuran hijau dapat membuatmu merasa rileks.

4. Dark cokelat

Ilustrasi Dark cokelat. (Pexels)
Ilustrasi Dark cokelat. (Pexels)

Dark cokelat diketahui dapat menurunkan tekanan darah untuk mengontrol emosi yang berlebih. Tak perlu khawatir berat badan naik karena dark cokelat cocok dikonsumsi sebagai cemilan seminggu sekali.

5. Yogurt

Ilustrasi yogurt. (Pexels)
Ilustrasi yogurt. (Pexels)

Mengkonsumsi yogurt dapat membuat kadar serotonin dalam otak meningkat. Ini berguna memberikan rasa nyaman pada tubuh. Itulah kenapa yogurt masuk dalam daftar makanan yang mampu meredakan stres.

6. Oatmeal

Ilustrasi oatmeal. (Pexels)
Ilustrasi oatmeal. (Pexels)

Kabohidrat kompleks yang terkandung di dalam oatmeal yang memiliki sifat antioksidan dapat membantu proses peningkatan mood baik.

7. Teh hijau

Baca Juga: Manfaat Alpukat Ini Tak Pernah Kamu Tahu, Apa Aja ya?

Ilustrasi teh hijau. (Pexels)
Ilustrasi teh hijau. (Pexels)

Penelitian di Jepang menunjukkan, bahwa teh hijau banyak mengandung antioksidan yang ampuh untuk mengatasi stres dan depresi. Selain itu meredakan stres, teh hijau juga baik untuk kamu yang sedang diet karena efektif membantu menurunkan berat badan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI