Punya Bad Habits dan Susah Mengubahnya? Ini Dia Alasannya

Pusing! Bad habits memang susah untuk diubah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 01 Agustus 2018 icon 15:38 WIB
Punya Bad Habits dan Susah Mengubahnya? Ini Dia Alasannya

Ilustrasi bermalas-malasan. (Pinterest)

Setiap orang pasti mempunyai bad habits. Kebiasaan buruk pasti sering merugikan diri sendiri, baik secara langsung maupun tidak. Tapi kenapa sih mengubah bad habits susah? Meski tahu bikin sial, kita tetap saja merasa nyaman dengan kekurangan itu. Apapun kalau sudah nyaman, pasti akan susah dan berat untuk ditinggalkan.

Meskipun begitu, kamu setidaknya pernah sekali berpikir untuk mengubah kebiasaan buruk itu kan? Hal ini minimal bakal terlintas saat kamu merasa sendiri dampak negatifnya. Sayangnya, segala upaya biasanya berujung gagal total. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan yang membuat kita susah mengubah bad habits.

1. Terlalu banyak mengubah kebiasaan

Baca Juga: Mau Sukses di Usia 30an? Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini

Ilustrasi bermalas-malasan. (Pinterest)
Ilustrasi bermalas-malasan. (Pinterest)

Kebiasaan burukmu terlalu banyak? Memang tidak mudah untuk menghilangkan semuanya sekaligus. Jadi, fokuslah pada satu bad habits yang ingin kamu ubah.

Semakin banyak kebiasaan yang ingin dirubah, biasanya akan membuat kita susah fokus, kemudian jadi berantakan semua. Konsentrasi, pengendalian diri, dan motivasi yang kita punya sangat terbatas. Jadi sebaiknya satu per satu dulu agar presentase keberhasilannya meningkat.

2. Termotivasi dengan energi negatif

Baca Juga: Hindari Kebiasan Buruk Ini Agar Kamu Terhidar dari Masalah Makeup

Keinginan kita untuk berubah berasal dari tujuan dan motivasi yang dibuat. Sayangnya, secara nggak sadar kita malah termotivasi dengan energi negatif, misalnya rasa bersalah, takut, menyesal, balas dendam, dan lainnya.

Girls, energi negatif usaha kita untuk berubah menjadi nggak efektif. Jadi, ubahlah energi negatifmu menjadi positif, agar upaya untuk mengubah bad habits menjadi optimal.

3. Berpikir bahwa kamu tidak bisa berubah

Ilustrasi perempuan. (Pexels)
Ilustrasi perempuan. (Pexels)

Ketika kita merasa sudah berusaha berubah tetapi selalu gagal, inilah yang kemudian kamu menyerah begitu saja. Selain itu, kamu jadi berpikir bahwa tidak ada yang bisa diubah karena itu sudah kebiasaan selama bertahun-tahun.

Bad habits itu punya kita, Jadi yang bisa mengontrol juga cuma kita, bukan orang lain. Kalau kamu sudah pesimis sejak awal, bagaimana mau mengubah bad habits?

4. Tidak sabar

Mengubah bad habits itu nggak kaya masak mi instan, dalam sekejap langsung jadi. Kita nggak bisa mengubah kebiasaan hanya dengan sekali atau dua kali mencoba.

Ingat, semua butuh proses, apalagi merubah bad habits yang sudah kita lakukan selama bertahun-tahun. Semakin lama kamu melakukan kebiasaan buruk, waktu yang kamu butuhkan untuk menghilangkannya juga bisa jadi lebih lama.

5. Tidak berkomitmen dengan diri sendiri

Ilustrasi perempuan. (Pexels)
Ilustrasi perempuan. (Pexels)

Komitmen pada diri sendiri adalah faktor penting untuk mengubah bad habits. Kalau kita nggak berkomitmen untuk mencapai apa yang kita tuju, secara langsung kita nggak akan mungkin mencapainya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI