Musik Terbukti Mampu Mempengaruhi Suasana Hati

Kamu suka genre musik apa?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 03 Agustus 2018 icon 13:44 WIB
Musik Terbukti Mampu Mempengaruhi Suasana Hati

Ilustrasi mendengarkan musik / pexels.com

Di mana pun, kapan pun dan apapun yang sedang kita lakukan, nampaknya musik selalu hadir menemani. Nggak heran kalau musik disebut-sebut dapat mempengaruhi suasana hati.

Hal tersebut rupanya bukan opini semata. Para peneliti dari McGill University di Montreal, Amerika Serikat, mengatakan bahwa mendengarkan musik membuat mood kita terpengaruh karena musik membuat tubuh menghasilkan dopamin.

Meningkatnya dopamin di dalam otak yang merespon musik membuktikan bahwa manusia mendapatkan kesenangan setelah mendengarkan musik.

Hal itu diperkuat dengan penelitian-penelitian di bawah ini.

Dilansir dari Healthline.com, penelitian terbaru dari Universitas Durham di Inggris dan Universitas Jyväskylä di Finlandia menemukan bahwa bagi sebagian orang, musik yang sedih dapat menyebabkan perasaan sedih yang mendalam. Bisa dibilang, musim turut berperan mempengaruhi suasana hati dan mengubah mood.

Penelitian ini melibatkan tiga survei lebih dari 2.400 orang di Inggris dan Finlandia, berfokus pada emosi dan pengalaman yang tak terlupakan terkait dengan mendengarkan lagu - lagu sedih.

Lagu romantis/pinterest.com
Lagu romantis. (Pinterest)

Beralih ke lagu yang membawa kesenangan, berdasarkan riset yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology tahun 2013, orang-orang bisa lebih sukses meningkatkan mood mereka dan meningkatkan keseluruhan kebahagiaan mereka hanya dalam 2 minggu, dengan cara mendengarkan musik yang optimis.

Dalam studi tersebut, peserta penelitian diminta mendengarkan musik untuk memperbaiki mood mereka, tapi ini hanya berhasil saat mereka mendengarkan musik dengan beat cepat dari Copeland, dan kurang berhasil dengan musik yang sedikit mellow dari Stravinsky.

Sedangkan peserta lainnya yang diminta mendengarkan musik tanpa tujuan mengubah mood, nggak melaporkan peningkatan kebahagiaan.

Jadi apakah sekarang kamu sudah percaya kalau musik bisa mempengaruhi suasana hati?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI