Sering Mengalami Gejala di Bawah Ini Pertanda Stres Lho!

Pertanda stres bisa dilihat dari gejala-gejala di bawah ini.

By: Tinwarotul Fatonah icon Jumat, 10 Agustus 2018 icon 15:17 WIB
Sering Mengalami Gejala di Bawah Ini Pertanda Stres Lho!

Ilustrasi stres. (Pinterest)

Girls, belakangan ini kamu sering merasa nggak enak badan? Selain faktor cuaca, mudah sakit juga disebabkan karena faktor pikiran lho, salah satunya stres.

Ketika kamu stres, kortisol yang merupakan hormon stres akan menekan sel imun yang ada dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan orang stres mudah jatuh sakit. Selain itu, masih ada beberapa pertanda stres lainnya. Simak dalam tulisan di bawah ini.

Insomnia

Baca Juga: Jangan Panik, Inilah 5 Cara Gampang Meredakan Stres

Apakah kamu pernah merasa sangat lelah tapi sulit untuk tidur? Itu adalah insomnia. Salah satu pertanda stres adalah insomnia! Stres menyebabkan hyperarousal atau rasa cemas yang berlebihan dan ini akan membuat fase mengantuk dan fase sadar menjadi tidak seimbang.

Ilustrasi tidur. (Pexels)
Ilustrasi tidur. (Pexels)

 

Sering cemas

Baca Juga: Pekerjaan Ini Bergaji Tinggi dengan Tingkat Stress yang Rendah!

Cemas dan depresi biasanya dialami oleh orang yang mengalami stres tingkat tinggi. Hal ini terjadi karena hippocampus (salah satu bagian otak) terganggu oleh kortisol sehingga menyebabkan kita susah mengingat dan meningkatkan aktivitas di amygdala yang membuat kita mudah merasa panik.

Mendadak sering alergi

Jika sebelumnya kamu baik-baik saja mengkonsumsi kacang-kacangan maka kini tubuhmu sering berontak saat mendapat asupan kacang-kacangan. Mungkin itu adalah pertanda stres. Saat stres usus akan ikut terpengaruh dan menyebabkan berbagai alergi yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Ilustrasi stres. (Pexels)
Ilustrasi stres. (Pexels)

 

Pencernaan bermasalah

Ketika kita stres, saraf vagus yang menghubungkan antara otak dan sistem pencernaan ikut terganggu. Bakteri baik yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan menjadi bermasalah dan hal ini membuat proses pencernaan terhambat. Untuk mengatasinya, konsumsilah yoghurt yang memiliki bakteri baik yang bagus untuk tubuh

Sering berjerawat

Baca Juga: Stres Malah Badan Tambah Gemuk? Ini Sebabnya

Jika kamu stres, hormon kartisol akan sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Salah satu yang paling terjadi adalah wajah berjerawat dan eksim. Pertanda stres ini sering menjadi keluhan para wanita dan sangat mengganggu penampilan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI