5 Tips agar Kamu Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Kamu merasa terlalu sering lembur? Ingin pulang kantor tepat waktu, kan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 23 Agustus 2018 icon 18:33 WIB
5 Tips agar Kamu Bisa Pulang Kantor Tepat Waktu

Ilustrasi wanita karir. (Pexels)

Kamu lembur lagi hari ini? Gagal pulang kantor tepat waktu? Pada situasi tertentu, kamu memang harus lembur kerja. Masalahnya, apa iya situasi mendesak dan krusial semacam itu memang terjadi setiap hari?

Coba kamu perhatikan lagi bagaimana pola kerjamu. Berikut adalah beberapa tips biar kamu bilang pulang kantor tepat waktu.

1. Buatlah perencanaan harian

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Wanita Harus Bekerja

Ini sepele tapi bisa jadi andalan kalau kamu tertib. Minimal, buatlah rencana untuk pulang kantor tepat waktu, lalu tambahkan kegiatan yang ingin kamu lakukan setelah itu.

Barangkali, selama ini kamu gagal pulang tepat waktu karena tidak punya motivasi khusus. Akhirnya, kamu hanya bekerja sekenanya, cenderung terlalu santai, dan baru panik setelah melihat pekerjaan masih banyak menjelang waktu pulang.

2. Membuat prioritas

Baca Juga: 5 Tips Biar Kamu Nggak Stres Pas Kerja

Kamu punya banyak pekerjaan sehingga mesti pintar membuat daftar prioritas. Namun, selama ini kamu cenderung mengutamakan pekerjaan yang terlihat mudah dan ringan. Padahal, ada pekerjaan lebih berat dan susah yang deadline-nya sudah di depan mata.

Cobalah untuk mengerjakan tugas yang lebih susah dan punya deadline mendesak dulu. Tujuannya jelas biar kamu bisa pulang kantor tepat waktu.

Alat tulis di atas meja kerja. (Pexels)
Alat tulis di atas meja kerja. (Pexels)

 

3. Jangan malas-malasan

Malas-malasan di kantor itu bukan cuma curi-curi waktu tidur, ya. Buang-buang waktu dengan terlalu sering membuka media sosial atau main game juga termasuk.

Keasikan main gadget, tahu-tahu banyak waktu yang terbuang. Kamu jadi stres sendiri karena masih harus mengerjakan banyak hal menjelang jam pulang.

4. Suka multitasking?

Banyak orang yang berpendapat jika seorang yang multitasking itu keren. Bisa mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu sekaligus. Sayangnya, itu bukan jaminan pekerjaanmu cepat selesai.

Ada hal dan pekerjaan tertentu yang memang sebaiknya dilakukan satu per satu. Jadi, buatlah prioritas, kerjakan sampai selesai secara fokus, lalu baru beranjak ke pekerjaan berikutnya.

Ilustrasi pekerjaan wanita. (Pexels)
Ilustrasi pekerjaan wanita. (Pexels)

 

5. Bikin pengumuman ke partner kerja

Selain memotivasi diri sendiri untuk pulang kantor tepat waktu, terkadang kamu juga perlu membuat pengumuman kecil-kecilan kepada partner kerjamu. “Hari ini aku harus balik jam 5 sore karena mau ada acara penting. Jadi kalau ada sesuatu soal kerjaan, tolong jangan bilang mendadak, ya.”

Ini memang tidak menjamin kamu bisa selamat dari bayangan pulang terlambat. Namun, setidaknya bisa meminimalkan kemungkinan itu.

Baca Juga: Apakah Kamu Introvert? Jenis Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu

Gimana, Girls? Semoga hari ini kamu bisa pulang kerja tepat waktu, ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI