Tenang, 4 Makanan Ini Bisa Redakan Mood Swing

Makanan yang bisa bikin bad mood jadi good mood.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 05 September 2018 icon 17:30 WIB
Tenang, 4 Makanan Ini Bisa Redakan Mood Swing

Good mood. (Pexels)

Nggak bisa dipungkiri, makanan punya efek nyata untuk mengubah suasana hati yang lagi nggak beraturan alias mood swing. Tapi jangan sampai salah pilih makanan, sebab bisa membuat mood lebih buruk dan mengganggu program diet.

Dilansir dari Elite Daily, menurut pakar Haley Hughes, seorang ahli diet terdaftar dan pengajar diabetes bersertifikat, mengungkapkan kalau ada lho beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menyeimbangkan mood swing. Apa saja? Yuk, simak!

1. Telur goreng

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi sebelum Olahraga Pagi

Mau didadar, diceplok, atau dibuat scramble egg, telur mengandung vitamin B12 yang memberi saraf asupan gizi dan membuat suasana hati lebih seimbang.

Selain itu telur juga kaya akn kolin yang mendukung neurotransmitter di tubuh yang penting untuk otak dan fungsi memori.

Fried egg. (Pexels)
Fried egg. (Pexels)

 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

2. Alpukat

Sama seperti ikan, daging dan kacang-kacangan, di dalam alpukat sarat akan nutrisi lemak sehat dan asam lemak omega 3 yang bisa menyeimbangkan suasana hati. Kamu bisa mengonsumsi langsung atau dicampur dengan chia seed serta oatmeal.

3. Sayur hijau

Sayuran berwarna hijau, terutama hijau gelap mengandung banyak folat yang penting untuk tubuh. Salah satu studi yang dipublikasikan di Journal of Psychopharmacology,  menunjukkan bahwa kadar folat yang rendah mungkin berhubungan dengan depresi dan  mengonsumsi asam folat dapat meningkatkan mood.

Ilustrasi buah strawberry dan potongan lemon / pixabay.com
Ilustrasi buah strawberry dan potongan lemon / pixabay.com

4. Buah-buahan segar

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Biologi Pakistan mengungkapkan kalau vitamin C dalam buah-buahan segar telah terbukti membantu mengurangi stres dan rasa cemas. Jadi saat bad mood melanda, segera konsumsi buah-buahan untuk bantu kembalikan mood.

5. Secangkir Kopi

Secangkir kopi di pagi hari rupanya bisa membuat mood kamu lebih baik. Kafein dapat meningkatkan dopamin yang merupakan neurotransmitter di otak yang memengaruhi respons otak terhadap rasa senang.

Baca Juga: Yuk, Ikut Berkontribusi Mengurangi Limbah Makanan

Namun, pastikan untuk nggak berlebihan mengonsumsinya. Jangan lebih dari empat cangki kopi sehari. Sebab, terlalu banyak kopi bakal membuat mual, menggangu tidur, atau bahkan memperburuk kecemasan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI