Tips Diet Buat Kamu yang Ingin Jadi Pelari Maraton

Lari maraton, lho. Ini bukan untuk yang ingin lari dari kenyataan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 13 September 2018 icon 09:27 WIB
Tips Diet Buat Kamu yang Ingin Jadi Pelari Maraton

Ilustrasi lari maraton. (Pixabay)

Kamu ingin menjadi pelari maraton? Merasa butuh tips diet yang tepat dan aman? Jika iya, kamu harus tertib mengikuti beberapa hal menyangkut nutrisi. Kamu juga mesti disiplin untuk mendapatkah hasil terbaik.

Kondisi tubuh kamu harus benar-benar kuat sebelum kamu melakukan olahraga lari jarak jauh. Dilansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa hal yang mesti diperhatikan selama masa latihan.

1. Hidrasi yang tepat

Baca Juga: Nggak Cuma Sehat, Olahraga Juga Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

Air mengangkut nutrisi ke sel-sel dalam tubuh dan berperan dalam detoksifikasi racun. Kamu juga tidak boleh mengalami dehidrasi karena dapat menyebabkan panas, kelelahan, peningkatan tekanan kardiovaskular serta menurunkan kinerja pelari.

Hidrasi dengan baik sepanjang hari dan pastikan untuk rehidrasi setelah latihan untuk mengganti kehilangan cairan. Intinya, jangan malas minum.

2. Buah-buahan

Baca Juga: Tetap Bugar meski Sibuk? Simak Gaya Hidup Siwon Super Junior

Buah-buahan adalah sumber vitamin, mineral, dan nutrisi sehat lainnya. Buah-buahan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar pencernaan layaknya sayuran.

Konsumsi satu buah setiap kali kamu makan.

Ilustrasi sayur dan buah / pixabay.com
Ilustrasi sayur dan buah. (Pixabay)

3. Semua produk susu & daging

Kamu harus selalu memilih protein lengkap seperti semua produk susu dan daging. Ini penting untuk pemulihan dan perbaikan otot.

Beberapa bahan makanan yang direkomendasikan antara lain dada ayam (tanpa kulit), putih telur, daging tanpa lemak, ikan, kerang, serta kacang-kacangan.

4. Karbohidrat

Penting untuk memastikan asupan karbohidrat yang baik selama masa latihan. Pasalnya karbohidrat merupakan sumber utama bahan bakar yang bisa memberimu energi selama latihan maupun saat lomba.

Beberapa sumber karbohidrat kaya gizi antara lain ubi jalar, jagung, asparagus, dan biji-bijian utuh sepertia oatmeal dan beras merah.

Ubi sebagai sumber karbohidrat. (Pixabay)
Ubi sebagai sumber karbohidrat. (Pixabay)

5. Hindari alkohol

Konsumsi alkohol harus dihindari selama periode latihan karena dapat menghambat kinerja dan kemajuan latihan.

Jika kamu sangat ingin untuk minum, kamu bisa minum segelas anggur atau bir. Namun, minuman terbaik tetaplah air mineral. Biarkan tubuh terhidrasi dengan air setiap saat.

Selamat mencoba tips diet ini, ya!

 

Baca Juga: 4 Hal yang Wajib Dilakukan setelah Olahraga

Artikel ini sudah dipublikasikan di HiMedik.com dengan judul Tips Diet yang Cocok Bagi Kamu yang Ingin Jadi Pelari Maraton

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI