Inilah Pentingnya Memakai Kaos Kaki sebelum Mengenakan Sepatu

Jangan abaikan kaos kaki atau kakimu terancam jamuran.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 13 September 2018 icon 13:38 WIB
Inilah Pentingnya Memakai Kaos Kaki sebelum Mengenakan Sepatu

Ilustrasi sepatu. (Pexels)

Apakah di antara kalian ada yang malas pakai kaos kaki sebelum menggunakan sepatu? Jika iya, segera ambil kaos kakimu dan jauhi kebiasaan buruk itu sekarang. Nggak main-main, kebiasaan kayak gitu ternyata bikin kamu rentan terkena infeksi jamur, lho.

Jadi, kaki yang nggak berkaos kaki saat pakai sepatu akan membuat keringat langsung diserap oleh bagian dalam sepatu. Jika ini berlangsung terlalu sering, sepatumu akan ditumbuhi jamur karena terlalu lembap oleh keringat. Apalagi kalau kamu jarang merawat sepatu dengan teliti. Duh, bisa jadi sarang kuman! 

Ilustrasi sepatu. (Pexels/Magda Ehlers)
Ilustrasi sepatu. (Pexels/Magda Ehlers)

Nggak cuma itu, kebiasaan ini juga bisa bikin kita bau kaki. Hal itu karena kuman-kuman yang bersarang di bagian dalam sepatu akan bersentuhan langsung dengan kulit.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat dan Nyaman

Jika kita menggunakan kaos kaki, keringat itu akan diserap oleh terlebih dulu oleh kaos kaki. Dengan begitu, kaki kita tidak bersentuhan secara langsung dengan bagian dalam sepatu.

Lalu bagaimana kalau kebiasaan ini sudah berlangsung sejak lama? Apa yang akan terjadi dengan kaki kita? Rupanya, selain bau, kaki kita juga bisa jadi berjamur. Duh, ngeri banget, Girls!

Kaki yang berjamur akan lebih sulit diatasi dan bikin penampilan kita jadi nggak oke. Masa cantik-cantik kakinya jamuran?

Baca Juga: Scorpio dan 3 Zodiak Ini Terobsesi dengan Kebersihan

Hal yang paling bikin jengkel ketika kaki berjamur adalah rasa gatal yang menyengat. Yup, jamur itu bikin telapak kaki nggak nyaman karena menimbulkan sensasi gatal yang menggangu.

Bukan cuma telapak kaki, jamur juga akan bersarang di daerah sela-sela jari kaki. Daerah yang sempit dan bercelah seperti itu sangat ideal bagi jamur untuk berkembang biak.

Ilustrasi sepatu. (Pexels/Mabel Amber)
Ilustrasi sepatu. (Pexels/Mabel Amber)

Solusi paling ampuh untuk keluhan seperti ini adalah menjaga kebersihan. Bukan cuma kebersihan kaki, tapi juga sepatu dan kaos kaki.

Caranya sederhana banget, kok. Kamu hanya butuh membiasakan diri untuk pakai kaos kaki sebelum menggunakan sepatu dan rajin menggantinya setiap hari.

Buat kamu yang beraktvitas dengan sepatu setiap hari, usahakan untuk selalu menjemur sepatumu agar ada pertukaran udara dalam rongga sepatu.

Jangan lupa untuk mencuci kaki setelah melepas sepatu. Cuci bersih dari bagian telapak kaki dan sela-sela jari dengan sabun antiseptik. Jika kamu melakukannya dengan rajin, maka kakimu akan bebas keluhan.

Baca Juga: Takut Rusak? Begini Cara Merawat Sepatu yang Benar

Selamat mencoba, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI