Lifestyle

Kiat Sederhana untuk Tetap Langsing Meski Makan Banyak

Pengennya kurus, tapi hobinya kuliner : cewek.

Agung Pratnyawan | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi makan banyak. (Pexels)
Ilustrasi makan banyak. (Pexels)

Dewiku.com - Bisa sering kulineran dan makan enak tapi tetap langsing sepertinya jadi impian setiap cewek di muka bumi. Meski terdengar mustahil, nyatanya hal itu bisa dilakukan lho.

Hal yang harus dilakukan pertama kali sebelum menyantap makanan adalah mengawalinya dengan minum segelas air putih. Dengan cara ini, air putih akan segera mengisi lambung yang kosong, sehingga jatah untuk makanan menjadi lebih sedikit, keinginan makan berlebih pun dapat dikontrol.

Tips selanjutnya adalah selalu gunakan peralatan makan yang lebih kecil. Mengapa? karena mampu membuat otak mengontrol porsi makanan.

Sebuah penelitian mengungkapkan orang yang menggunakan piring dan sendok yang lebih kecil untuk makan cenderung mengambil makanan dengan jumlah yang lebih sedikit dibanding kelompok yang menggunakan piring serta sendok ukuran normal.

Ilustrasi makan terlalu sedikit saat diet / pexels.com
Ilustrasi makan terlalu sedikit saat diet. (Pexels)

 

Jika mengurangi porsi makan adalah hal yang terlampau sulit untukmu, kamu harus siap dengan konsekuensinya, yakni olahraga lebih keras.

Mungkin terdengar klise, tapi rumus sederhana agar tubuh tetap ideal adalah kalori yang terbuang harus lebih banyak atau sama dengan kalori yang masuk.

Contohnya ketika kamu sudah menyantap martabak manis di malam hari, esoknya kamu harus siap-siap bangun pagi dan berolahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari, bersepeda cepat, atau aerobik selama kurang lebih tiga jam.

Olahraga. (Pinterest)
Olahraga. (Pinterest)

 

Atau kamu bisa meniru cara Beth Lipton, editor kuliner di situs kesehatan Health yang kewajibannya adalah mencicipi beragam jenis makanan hampir setiap hari.

Baginya, makan banyak memang harus diimbangi dengan gaya hidup aktif. Makanya ia menargetkan waktu berolahraga minimal 150 menit perminggu.

Kiat sederhana di atas bisa kamu terapkan agar tetap langsing meski doyan kulineran. Satu hal lagi, jangan lupa perbanyak asupan serat dan makanan sehat setiap hari ya!

Berita Terkait

Berita Terkini