Lifestyle

Ternyata Berlibur Ada Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Lho!

Masih mengurungkan niat buat ambil cuti untuk berlibur?

Agung Pratnyawan | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi berlibur. (Pexels)
Ilustrasi berlibur. (Pexels)

Dewiku.com - Berlibur adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Siapa sih yang nggak suka? Salah satu tujuan berlibur adalah meninggalkan sejenak aktivitas yang padat. Biar nggak stres!

Tapi faktanya, beberapa survei menunjukkan kalau masih banyak pekerja yang tidak memanfaatkan jatah cuti mereka karena berbagai alasan. Padahal, jika terlalu memaksakan fokus pada pekerjaan itu juga bisa berakibat negatif pada kondisi mental dan fisik kamu, lho.

Di bawah ini ada beberapa manfaat berlibur untuk kesehatan agar kamu bisa memanfaatkan cuti dan menikmati liburan. Check this out!

1. Menurunkan stres

Ilustrasi berlibur. (Pexels/Riccardo Bresciani)
Ilustrasi berlibur. (Pexels/Riccardo Bresciani)

 

Menurunkan stres adalah alasan utama dan paling masuk akal. Orang-orang yang berada di dalam kondisi stres atau di bawah tekanan justru dapat bekerja dengan lebih optimal, namun hal itu sebetulnya nggak baik bagi kesehatan secara umum.

Sebuah riset mengungkap 80 persen pekerja merasakan stres yang berkaitan dengan pekerjaan dan 70 persen alasan mereka harus ke dokter disebabkan oleh kondisi yang berkaitan dengan stres. Ini menunjukkan bahwa mengambil cuti dan berlibur dapat menjaga kesehatan fisik dan mental.

2. Me-recharge tubuh

Bukan menjadi rahasia lagi, jika tubuh ini juga membutuhkan istirahat yang cukup. Ketika kita mulai cuek dengan kondisi tubuh mereka, hal ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi dalam tubuh.

Istirahat sejenak setiap beberapa jam memang bagus, namun bila kamu mempunyai kesempatan untuk beristiaraht lebih lama, itu akan sangat baik. Ini akan membuat tubuh benar-benar fully recharge. So, jangan sia-siakan kesempatan untuk berlibur ya!

3. Memperkuat kekebalan tubuh

Ilustrasi berlibur. (Pexels)
Ilustrasi berlibur. (Pexels)

 

Tanpa kamu sadari liburan yang seru akan membuatmu lebih sering tertawa. Nah, tertawa adalah obat yang ampuh bagi kesehatan. Tertawa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara menghasilkan hormon endorfin yang dapat mengurangi berbagai risiko penyakit.

Begitu pula dengan menikmati vitamin D dari sinar matahari yang dapat memperkuat sistem imun. Tapi jangan lupa tetap memakai sunscreen ya, girls!

4. Mengurangi risiko sakit jantung

Ada riset yang meneliti hubungan antara kesehatan kardiovaskular dengan liburan, mengungkapkan bahwa wanita yang mengambil liburan hanya sekali setiap 6 tahun atau kurang, lebih rentan terkena penyakit jantung 8 kali lipat dibanding mereka yang setidaknya liburan dua kali dalam setahun.

Statistik ini bukan untuk menakuti kamu, tapi hanya mengingatkan bahwa cuti sejenak dan berlibur adalah hal yang penting bagi kesehatan kamu dalam jangka waktu yang lama.

5. Menjaga kestabilan emosi

Ilustrasi berlibur. (Pexels/ Bruce Mars)
Ilustrasi berlibur. (Pexels/ Bruce Mars)

 

Terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor bisa membuat kamu merasa stres dan frustasi. Mengambil libur sejenak dari semua kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan bisa membuatmu menjaga emosi tetap stabil dan terhindar dari marah-marah nggak jelas di kantor.

Istirahat sejenak dari tuntutan deadline dan lingkungan yang menekan dengan cara berlibur. Ini bisa mengubah mood yang mudah terganggu, perasaan cemas atau uring-uringan menjadi lebih baik dan membuat kamu lebih tenang dan santai.

6. Menjadi mood booster

Setelah berlibur kamu akan membawa kenangan yang menyenangkan. Mengingat kenangan itu kembali bisa menjadi cara relaksasi yang efektif.

Selain itu, mengingat memori liburan bisa menghasilkan endorfin yang membuat mood kita bahagia dan lebih siap menghadapi kondisi yang menegangkan, seperti menghadapi bos yang menyebalkan misalnya.

Berita Terkait

Berita Terkini