Berpikir Ternyata Dapat Membakar Kalori

Kabar baik untuk kamu yang tidak suka olahraga.

By: Tinwarotul Fatonah icon Minggu, 23 September 2018 icon 18:02 WIB
Berpikir Ternyata Dapat Membakar Kalori

Berpikir keras untuk mengingat hal yang dilupakan. (Pexels)

Selama ini orang beranggapan kalau untuk membakar kalori harus dengan aktivitas fisik. Padahal, membakar kalori bisa dimulai dengan berpikir, lho.

Dilansir dari Hello Giggles, menurut Ewan McNay peneliti dari University of Albany, New York, berpikir atau aktivitas otak bisa membakar kalori dalam tubuh.

McNay telah mempelajari bagaimana otak menggunakan energi dalam cara kerjanya. Tidak seperti bagian tubuh lainnya, otak berjalan secara eksklusif pada gula glukosa, dan aktivitas kognitif yang berat membutuhkan lebih banyak glukosa daripada yang sederhana.

Baca Juga: Kerja di Kantor Seharian, 4 Olahraga Ringan Ini Cocok Buat Kamu

Ilustrasi berpikir. (Pexels)
Ilustrasi berpikir. (Pexels)

Menurut McNay, selama tugas menghafal yang sulit misalnya, bagian otak yang terlibat dalam pembentukan ingatan akan mulai mengonsumsi lebih banyak energi, tetapi area otak lainnya tidak akan menunjukkan peningkatan.

''Anda bisa membakar lebih banyak kalori selama aktivitas kognitif yang intens daripada misalnya, menonton oprah atau apa pun. Bahkan, untuk pembakaran kalori bisa mencapai 8 hingga 15 persen,'' ujar McNay.

Di pihak lain, Dr. Marcus Raichle, seorang profesor kedokteran terkemuka di Washington University School of Medicine mengatakan hal yang berbanding lurus.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan Terampuh untuk Membakar Lemak Tubuh

Ia menjelaskan bahwa aktivitas otak menyumbang 20 persen dari penggunaan energi tubuh. Itu berarti selama hari-hari biasa, seseorang menggunakan sekitar 320 kalori hanya untuk berpikir.

Ilustrasi berpikir / Pexels.com
Ilustrasi berpikir / Pexels.com

Sebagian besar konsumsi energi otak diarahkan untuk mempertahankan kewaspadaan, memantau lingkungan untuk informasi penting, dan mengelola kegiatan intrinsik lainnya.

Seseorang yang melakukan pekerjaan kognitif yang menantang selama delapan jam akan membakar sekitar 100 kalori lebih banyak daripada orang yang menonton TV atau melamun selama waktu yang sama.

Nah untuk membantu memulihkan otak ke kekuatan penuh, meminum air bergula atau melahap beberapa camilan manis dapat mengisi kembali simpanan glukosa.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Lebih Cerdas

Namun konsumsi sewajarnya saja ya, sebab kalori dalam makanan dan minuman tersebut akan lebih mudah melebihi jumlah kalori yang akan dibakar.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI