Lifestyle

Ini Manfaat Tidur Delapan Jam per Hari

Jangan pernah sepelekan masalah jam tidur karena bisa berakibat fatal.

Tinwarotul Fatonah | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi tidur. (Unsplash)
Ilustrasi tidur. (Unsplash)

Dewiku.com - Jika ingin mempunyai gaya hidup sehat, menjaga pola makan dan rutin berolahraga ternyata nggak cukup, lho. Itu semua harus diimbangi dengan tidur yang cukup. Kategori usia dewasa sangat disarankan mempunyai waktu tidur selama delapan jam. Bukan tanpa alasan, ada beberapa manfaat tidur delapan jam per hari.

Tidur termasuk salah satu aktivitas yang mempunyai segudang manfaat. Apa aja sih manfaat yang kita dapat jika kebutuhan waktu tidur terpenuhi? Keep scrolling, ya!

1. Mencegah penyakit jantung

Ilustrasi sulit tidur nyenyak. (Unsplash)
Ilustrasi sulit tidur nyenyak. (Unsplash)

Jika kamu mempunyai waktu istirahat kurang dari lima jam atau kurang dari itu setiap malam, maka kamu akan terkena risiko serangan jantung yang meningkat hingga 45 persen, serem ya? Saat kamu dalam keadaan terbangun atau sadar maka tekanan darah akan meningkat. Itulah pemicu terjadinya serangan jantung. Jadi coba biasakan untuk tidur delapan jam per hari, yuk!

2. Meningkatkan kesehatan mata

Ketika kamu kelelehan akibat kurang tidur memang nggak menyenangkan. Bahkan ketika kamu kekurangan waktu untuk beristirahat, penglihatanmu bisa buram dan berbayang. Nah, disarankan untuk mempunyai waktu tidur yang cukup, maka mata juga mendapatkan istirahat yang cukup sehingga lebih sehat.

3. Meningkatkan produktivitas

Ilustrasi pekerjaan wanita. (Pexels)
Ilustrasi pekerjaan wanita. (Pexels)

Dengan mempunyai waktu tidur yang ideal, kamu akan lebih bisa fokus dan konsentrasi dengan apa yang sedang kamu kerjakan. Jadi, mempunyai waktu tidur delapan jam per hari nggak akan merugikan pekerjaan atau aktivitasmu. Kamu akan menjadi pribadi yang semakin produktif.

4. Mencegah penyakit diabetes

Sebuah riset mengatakan, jika kamu mempunyai jam tidur hanya enam jam setiap malam, maka kamu beresiko 2 kali terkena penyakit diabetes. Lalu, kalau kamu biasanya tidur kurang dari lima jam setiap malam, maka resiko terkena diabetes menjadi lebih besar. Penyakit diabetes tipe 2 bisa membawa kesehatan lainnya seperti, stroke dan ginjal.

5. Dapat merasa lebih bahagia

Ilustrasi tertawa. (Pexels)
Ilustrasi tertawa. (Pexels)

Jika kamu kurang tidur dan kualitas tidurmu nggak baik, itu bisa mempengaruhi kebahagiaan yang kamu rasakan. Kamu akan menjadi sering nggak bahagia, karena kurang tidur bisa merusak mood. Maka dari itu, tidur selama delapan jam memang penting.

Berita Terkait

Berita Terkini