Jangan Minum Es saat Cuaca Panas, Ini Alasannya

Bukannya segar, yang terjadi justru sebaliknya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 08 Oktober 2018 icon 13:59 WIB
Jangan Minum Es saat Cuaca Panas, Ini Alasannya

Minuman dingin. (Unsplash)

Siang panas yang terik, rasanya bakal lebih segar dengan meneguk minuman dingin dengan banyak es batu. Tapi tahukah kamu, kalau minum es saat cuaca panas ternyata tidak membuat tubuh lebih segar, justru sebaliknya.

Hal tersebut dikemukakan oleh pakar kesehatan dari Loughborough University. Dia menyebutkan jika minuman panas malah lebih efektif meredakan rasa haus di tengah cuaca yang panas.

Hal tersebut terjadi karena meminum minuman panas justru akan membuat suhu tubuh tetap stabil. Hal yang berkebalikan terjadi jika kita mengkonsumsi minuman dingin.

Baca Juga: Cuaca Panas, Begini Cara Merawat Kulit Agar Tetap Fresh

Ketika menenggak minuman dingin saat cuaca sedang panas-panasnya memang memberikan rasa segar di tenggorokan. Namun, setelah itu suhu tubuh justru akan mengalami penurunan. Pada akhirnya, kita jadi merasakan suhu di luar terasa semakin panas.

Rasa dahaga juga akan cenderung lebih mudah muncul jika kita mengkonsumsi minuman yang dingin.

Minuman dingin. (Unsplash)
Minuman dingin. (Unsplash)

Senada dengan fakta di atas, seperti yang disampaikan kepala Ilmu Gizi di Universitas Surrey, Susan Lanham-New, tidak ada bukti yang menunjukkan makanan atau minuman dingin bisa membuat suhu tubuh lebih dingin.

''Setiap makanan harus dipecah dan melalui proses metabolisme, dan proses ini akan membuat tubuh merasa sedikit lebih panas,'' katanya, seperti dikutip dari Dailymail.

Nah, saat tubuh merasa panas, suhu tubuh akan naik dan meningkatkan produksi keringat. Sebagaimana diketahui, keringat adalah mekanisme alami untuk membuat suhu tubuh mendingin. Hal ini berarti, kita pun akan merasa lebih dingin dari sebelumnya.

Lalu, apa cara tepat untuk menuntaskan dahaga saat cuaca panas?

Menurut Susan, hal yang paling tepat saat kita kepanasan adalah minum banyak air dengan suhu ruang. Dengan begitu, cairan yang hilang melalui keringat dapat membuat tubuh lebih segar.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI