Viral, Ada Pertunjukan Barongsai di Pernikahan Pasangan Muslim Malaysia

Harmonisasi dua budaya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 31 Januari 2019 icon 14:33 WIB
Viral, Ada Pertunjukan Barongsai di Pernikahan Pasangan Muslim Malaysia

Ilustrasi barongsai. (Pixabay)

Pernikahan pasangan muslim yang diadakan di Kuching, Malaysia, baru-baru ini terasa istimewa. Sebab, pasangan ini memutuskan untuk memiliki pertunjukan barongsai di hari bahagianya.

Dilansir dari World of Buzz, video upacara tradisional Melayu itu telah beredar di media sosial dan menjadi viral.

Dalam video, pernikahan itu menampilkan pertunjukan barongsai lengkap dengan petasan, di mana sepasang singa menyambut pengantin wanita, Nursafarida Razali, pada saat kedatangannya ke rumah keluarganya.

Baca Juga: Kocak, Pasangan Ini Mendadak Didatangi Kurir di Kursi Pelaminan

Pengantin pria, Muhammad Afif Ahmad Bihar, membantunya keluar dari mobil dengan irama drum dan simbal yang energik saat serangkaian petasan dinyalakan untuk menyambut pasangan itu.

Tamu undangan pun terpesona sembari mengabadikan momen lewat kamera.

Barongsai. (Facebook/Loo Hui Kiong)
Barongsai. (Facebook/Loo Hui Kiong)

 

Baca Juga: Deretan Pernikahan Termahal Sepanjang Masa, Dijamin Bikin Mupeng

Berbalut warna merah dan kuning, singa menari riang untuk menghormati pengantin baru. Penampilan mereka penuh dengan suara dan gerakan saat mereka menggoyang-goyangkan rambutnya yang mencolok saat mengantar pasangan menuju rumah.

Nursafarida, yang memiliki seorang nenek China, mengatakan dia selalu menginginkan pertunjukan barongsai pada hari pernikahan sejak dia masih remaja.

''Saya memberi tahu ibu bahwa saya ingin mengadakan pertunjukkan barongsai untuk pernikahan saya demi merayakan warisan China saya. Rasanya seperti mimpi yang menjadi kenyataan,'' ujarnya.

Pengantin perempuan yang bahagia mengatakan bahwa keluarga suaminya tidak keberatan dengan barongsai dan mengetahui asal-usul Chinanya. Dia pun mengungkapkan bahwa keluarganya masih memiliki kebiasaan budaya China tertentu.

Pernikahan pasangan muslim Malaysia. (Facebook/Loo Hui Kiong)
Pernikahan pasangan muslim Malaysia. (Facebook/Loo Hui Kiong)

 

''Setiap tahun kami mengadakan makan malam reuni pada malam Tahun Baru Imlek,'' tambahnya.

Barongsai secara tradisional dilakukan dalam budaya China untuk menyambut awal yang baik pada setiap peristiwa penting seperti Tahun Baru Imlek, pembukaan toko, dan beberapa acara serupa lainnya.

Ketika dilakukan di pesta pernikahan, mereka mewakili berkah bagi pengantin baru untuk pernikahan yang bahagia, menghadirkan hadiah simbolis seperti jeruk dan bambu untuk mewakili kemakmuran dan kesuburan.

Pada bagian akhir tarian, singa menyajikan gulungan dengan pesan yang berisi hal-hal seperti keberuntungan dan kesehatan yang baik.

Baca Juga: Pamer Foto Traveling, Pasangan Ini Kampanyekan Pernikahan Sejenis

Sungguh bentuk harmoni budaya yang menyenangkan. Apakah kamu juga pernah melihat upacara pernikahan multikultural seperti ini?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI