Masih Muda Sudah Ubanan? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata stres juga bisa jadi pemicu uban lho, Girls!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Februari 2019 icon 17:27 WIB
Masih Muda Sudah Ubanan? Mungkin Ini Penyebabnya

Mencabut uban. (Shutterstock)

Rambut ubanan ternyata nggak cuma dialami oleh kakek-kakek atau nenek-nenek saja. Kalian yang masih muda pun bisa ubanan, lho. Penyebabnya macam-macam dan stres adalah salah satu pemicunya.

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa pemicu uban yang paling dominan belakangan ini adalah stres, utamanya tekanan ketika bekerja.

Ketika kita dalam keadaan tertekan karena pekerjaan, sel-sel yang memberikan warna pada rambut dapat berkurang dan ini bisa menyebabkan terjadi uban.

Baca Juga: Waspada, Stres Bisa Jadi Pemicu Kanker pada Perempuan

Mengeluhkan rambut beruban. (Shutterstock)
Mengeluhkan rambut beruban. (Shutterstock)

Studi ini juga menyebutkan jika uban yang ditimbulkan akibat stres tidak bisa kembali hitam alias akan jadi uban selamanya.

Hal ini dibenarkan oleh Mayumi Ito dari New York University. Mayumi mengatakan jika stres yang berlebihan dapat mempercepat tumbuhnya uban.

''Stres dapat membuat melanin bermigrasi jauh dari folikel rambut menuju kulit,'' ujarnya sambil melanjutkan jika hal ini dapat mempercepat migrasi hormon stres.

Baca Juga: Inilah Peran Keren Hewan Peliharaan Kesayanganmu, Bisa Jadi Stress Relief

Ilustrasi rambut beruban. (Pixabay)
Ilustrasi rambut beruban. (Pixabay)

Migrasi hormon stres yang cepat ini selanjutkan akan memengaruhi tingkat pigmentasi kulit sehingga bisa mempercepat tumbuhnya uban. Alhasil, banyak orang-orang usia muda yang kini mulai ditumbuhi uban.

Baca Juga: Apakah Kita Sudah Gunakan Waktu Sebaik Mungkin?

Buat kamu yang sudah ditumbuhi uban, jangan bingung lagi ya, Girls. Sekarang sudah mulai terkuak kan, apa penyebabnya? Sebaiknya jangan bekerja terlalu keras agar kepalamu nggak cepat ditumbuhi uban.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI