Jenuh dengan Suasana Kerja? Coba Microbreak

Mungkin banyak dari kamu yang tidak sadar sudah melakukan microbreak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 01 April 2019 icon 19:14 WIB
Jenuh dengan Suasana Kerja? Coba Microbreak

Ilustrasi bekerja. (Pixabay)

Situasi kantor yang tegang, terkadang bisa memberi tekanan dan membuat pikiran sulit berkonsentrasi. Namun tenang, hal itu bisa diatasi dengan teknik microbreak.

Melansir dari BBC, microbreak merupakan aktivitas singkat yang sangat membantu meningkatkan konsentrasi pikiran dan mengubah cara seseorang dalam memandang pekerjaan.

Teknik ini ditemukan pada akhir 1980-an oleh para peneliti dari Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Ohio dan Purdue University di Indiana.

Baca Juga: NASA Bayar Orang Ratusan Juta Cuma untuk Tidur, Mau?

Mereka ingin mengetahui apakah istirahat sebentar dapat meningkatkan produktivitas atau mengurangi stres.

Bekerja sambil berdiri. (Unsplash/Icons8 team)
Bekerja sambil berdiri. (Unsplash/Icons8 team)

Untuk itu, peneliti menciptakan lingkungan kantor buatan dan mengundang 20 peserta untuk ''bekerja'' di sana selama dua hari dan melakukan tugas entri data yang sangat berulang.

Sebagian peserta melakukan pekerjaan dengan diselingi microbreak, sementara yang lain tidak melakukannya. Peneliti tidak menemukan hasil konklusif pada produktivitas peserta.

Baca Juga: Kontroversial, Selebgram Ini Nekat Lempar Kursi dari Lantai 45 Apartemen

Namun, peserta yang melakukan microbreak cenderung memiliki detak jantung lebih rendah alias mengalami stres yang lebih ringan. Peserta yang melakukan microbreak juga membuat sedikit kesalahan.

Penemuan ini kemudian memicu lebih banyak penelitian. Sekarang ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa microbreak bisa bermanfaat mengurangi stres, membuat pekerja tetap terlibat dan membuat pekerjaan lebih menyenangkan.

Ilustrasi kelelahan bekerja. (Unsplash/Tim Gouw)
Ilustrasi kelelahan bekerja. (Unsplash/Tim Gouw)

Aktivitas ini bisa berlangsung di mana saja dan bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik. Bahkan microbreak bisa dilakukan dalam bentuk aktivitas apa pun, termasuk membuat teh atau menonton video musik agar pikiran rileks.

Hanya ada dua aturan dalam melakukan microbreak, yaitu dilakukan dalam durasi singkat dan sukarela. Selain itu, selama kita melakukannya, jangan pernah memikirkan pekerjaan.

Baca Juga: Work-Life Balance, Menyeimbangkan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

Jadi jika kamu tidak punya waktu untuk istirahat selama satu jam di hari kerja, melakukan serangkaian microbreak dapat memiliki efek yang kuat pada tubuh dan pikiran. Selamat mencoba!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI