Sering Merasakan Kesepian Ternyata Bikin Gampang Sakit, Ini Alasannya

Jika sudah merasa kesepian tersebut sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas, segera cari bantuan, ya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 22 Juli 2019 icon 18:47 WIB
Sering Merasakan Kesepian Ternyata Bikin Gampang Sakit, Ini Alasannya

Mandi terlalu lama bisa jadi tanda kesepian. (Unsplash/Mitchell Orr)

Tanpa disadari, gangguan psikis yang kita alami dapat memengaruh kesehatan fisik. Salah satunya saat seseorang merasa kesepian.

Kesepian tak hanya bikin kita merasa tidak nyaman secara psikologis, tapi juga menjadi lebih rentan terkena penyakit. Dilansir dari Medical News Today, hal itu disebabkan oleh meningkatnya hormon kortisol dan penurunan daya tahan tubuh.

Akibatnya, kita cenderung mudah sakit gara-gara kesepian. Kondisi itu biasanya disebabkan oleh beberapa keadaan sebagai berikut.

Baca Juga: Nggak Mau Kesepian, 4 Zodiak Ini Tak Bisa Sendirian

1. Kesepian di tempat baru

Saat kamu pindah kerja atau tinggal ke tempat baru dan tidak ada satupun orang lain yang belum kenal, kondisi ini membuat seseorang merasa terasing dan kesepian. Tanpa disadari, hal tersebut membuat kondisi menjadi menurun.

2. Kesepian karena merasa 'berbeda'

Baca Juga: Kesepian, Wanita Ini Tidak Punya Teman Lebih dari Satu Dekade

Perbedaan yang dimaksud tidak selalu berarti tentang fisik, tetapi juga berbeda dalam hal lain seperti kepercayaan, selera, maupun minat.

Tak adanya orang lain yang bisa diajak berbagi dalam hal yang kita anggap penting itu juga dapat membuat seseorang merasa terasing, terkucilkan, dan sendirian di lingkungannya.

Ilustrasi perempuan stres atau depresi. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan kesepian. (Shutterstock)

3. Kesepian karena tidak punya pasangan

Meski punya keluarga dan teman-teman, kamu bisa merasa kesepian karena tidak memiliki kedekatan romantis dengan pasangan. Bisa jadi, kamu telah mempunyai pasangan baru, tapi tidak lagi merasakan koneksi mendalam seperti sebelumnya.

4. Kesepian karena tidak ada yang bisa dipercaya

Dalam kondisi tertentu, seseorang bisa kehilangan kepercayaan pada orang lain dan ini juga menyebabkan timbulnya perasaan bingung dan sendirian. Tak hanya orang lain yang cukup dipercaya untuk berbagi membuat beban pikiran menumpuk dan menyebabkan stres.

Ilustrasi perempuan kesepian. (Shutterstock)

5. Kesepian karena tak punya kedekatan mendalam

Ada kalanya kita tetap merasa kesepian walaupun kenal dengan banyak orang yang juga bersikap baik pada kita. Hal itu karena tidak ada koneksi berkualitas dengan orang-orang itu.

Ini terjadi saat kita berharap dekat dengan orang lain tapi ia sudah punya teman-teman dekat lainnya. Bisa juga saat teman lama sudah memasuki fase hidup baru sehingga seolah-olah kita merasa tertinggal.

Baca Juga: Awas, Kelamaan Jomblo Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

Itulah beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang merasa kesepian. Dalam tingkat ringan kondisi ini terbilang wajar dan bisa dialami siapa saja. Namun, sangat disarankan untuk mencari bantuan jika kondisinya terasa menganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI