Demi Persamaan Hak, Berikut Sejarah Hari Anak Perempuan Internasional

Hari Anak Perempuan Internasional atau Hari Anak Perempuan Sedunia diperingati setiap tanggal 11 Oktober.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 10 Oktober 2019 icon 10:50 WIB
Demi Persamaan Hak, Berikut Sejarah Hari Anak Perempuan Internasional

Ilustrasi anak perempuan. (Unsplash/rahmani KRESNA)

Sejak tahun 2012, 11 Oktober diperingati sebagai Hari Anak Perempuan Internasional. Namun, apa yang sebenarnya ingin dicapai dari perayaan ini?

Melansir laman resmi PBB, hampir 25 tahun yang lalu, sekitar 30.000 wanita dan pria dari hampir 200 negara berkumpul di Beijing, China, dalam rangka The Fourth World Conference on Women. Dalam konferensi dunia itu, mereka bertekad mengakui hak-hak wanita dan anak perempuan sebagai hak asasi manusia.

Forum internasional itu kemudian memuncak dengan diadopsinya Beijing Declaraion and Platform for Action sebagai agenda kebijakan paling komprehensif untuk pemberdayaan perempuan.

Baca Juga: Raditya Dika Perlu Tahu, Ini Uniknya Hubungan Ayah dan Anak Perempuan

Pada tahun-tahun berikutnya, para perempuan memimpin gerakan global terkait sejumlah isu, mulai dari hak kesehatan seksual dan reproduksi hingga masalah kesetaraan upah.

Dampaknya, sekarang lebih banyak anak perempuan bisa berpartisipasi dan merampungkan sekolah. Angka pernikahan dini dan tuntutan menjadi ibu di usia anak-anak pun berangsur menurun. Selain itu, makin banyak anak perempuan dapat memperoleh keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi unggul dalam dunia kerja di masa depan.

Ilustrasi kompetisi untuk anak-anak. (Shutterstock)
Ilustrasi anak perempuan. (Shutterstock)

Tanggal 19 Desember 2011, Majelis Umum PBB mengadopsi Resolution 66/170 dan mendeklarasikan 11 Oktober sebagai Hari Anak Perempuan Internasional atau juga dikenal dengan Hari Anak Perempuan Sedunia.

Baca Juga: Rilis Koleksi Terbaru, Justice Gagas Komunitas bagi Anak Perempuan

Tujuannya demi menyoroti kebutuhan dan mengatasi tantangan yang dihadapi anak perempuan, sembari menggalakkan pemberdayaan anak perempuan serta pemenuhan hak asasi manusia mereka.

Dewasa ini, gerakan pemberdayaan anak perempuan semakin berkembang. Mereka teroganisir untuk membantu menangani berbagai masalah seperti pernikahan anak, ketidaksetaraan pendidikan, kekerasan berbasis gender, perubahan iklim, harga diri, serta hak anak perempuan untuk memasuki tempat-tempat ibadah atau ruang publik selama menstruasi.

Anak Kecil Main Game [shutterstock]
Ilustrasi ibu dan anak perempuannya. (Shutterstock)

Sementara itu, tema besar peringatan Hari Anak Perempuan Sedunia 2019 yang diusung PBB adalah GirlForce: Unscripted and Unstoppable.

"Kita perlu menegakkan persamaan hak, suara, serta pengaruh anak perempuan dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa kita," ungkap Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Gutterres.

Baca Juga: Gemas, Wanita Ini Hobi Dandani Putrinya Mirip Artis Hollywood

"Anak perempuan bisa menjadi agen perubahan yang kuat dan tak ada yang mencegah mereka berpartisipasi penuh dalam semua bidang kehidupan," katanya melanjutkan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI