3 Mahasiswi ITB Menangkan L'Oreal Brandstrom 2022 Tingkat Global pada Kategori Bergengsi Tech Track

Mengungguli finalis dari Amerika Serikat dan Italia di tahap final internasional, tim Mon Soleil dari Indonesia berhasil menjadi juara LOral Brandstorm 2022 tingkat Global dalam kategori bergengsi yakni Tech Track.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 Juli 2022 icon 09:28 WIB
3 Mahasiswi ITB Menangkan L'Oreal Brandstrom 2022 Tingkat Global pada Kategori Bergengsi Tech Track

Tiga mahasiswi ITB memenangkan L’Oreal Brandstrom 2022 tingkat Global pada kategori Tech Track (Istimewa)

L’Oréal Brandstorm 2022, kompetisi inovasi terbesar berskala internasional telah menetapkan tim Mon Soleil dari Indonesia sebagai juara global kategori "Tech Track". Prestasi tim Mon Soleil menjadi semakin istimewa karena di babak final berhasil mengungguli tim yang berasal dari negara dengan basis teknologi terdepan, yakni Amerika Serikat dan Italia. Capaian ini juga membuktikan kapasitas perempuan Indonesia di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (science, technology, engineering and mathematics/STEM).

Mon Soleil beranggotakan Angela Thrisananda Kusuma, mahasiswi School of Business Management ITB, Salma Yasyifa yang masih tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Sains dan Teknologi Farmasi di Sekolah Farmasi ITB, dan Yumna Dzakiyyah, mahasiswi Teknik Elektro di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Dengan latar belakang keilmuan beragam, tim juara tersebut mengusung inovasi "HyperSync" yang menggunakan teknologi untuk menghubungkan hormon dengan serum yang sesuai untuk kebutuhan kulit.

L’Oréal Brandstorm tahun ini mengusung tema "Disrupt Beauty 2030". Harapannya, ajang ini dapat melahirkan serangkaian inovasi sebagai solusi masa depan untuk permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dunia kecantikan.

Baca Juga: Disrupt Beauty 2030, Inilah Beberapa Inovasi Unik Anak Bangsa dalam Dunia Kecantikan

Tiga mahasiswi ITB memenangkan L’Oreal Brandstrom 2022 tingkat Global pada kategori Tech Track (Istimewa)
Tiga mahasiswi ITB memenangkan L’Oreal Brandstrom 2022 tingkat Global pada kategori Tech Track (Istimewa)

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, L’Oréal Brandstorm 2022 terbuka bagi seluruh bidang studi dan menerima peserta dengan batas usia hingga 30 tahun. Artinya, bukan hanya mahasiwa yang dapat berpartisipasi.

Mulai tahun ini, juga ada tiga kategori yang dipertandingkan, yakni Inclusion Track, Green Track, dan Tech Track. Inclusion Track bertujuan mengemukakan produk dan jasa yang dapat mendukung inklusivitas di dunia kecantikan. Green Track, menciptakan sebuah solusi yang semakin berkelanjutan bagi dunia kecantikan. Tech Track diharapkan merevolusi dunia kecantikan dengan bantuan teknologi.

"Indonesian pride! L'Oréal Indonesia sangat bangga dengan prestasi yang diukir tim Mon Soleil dari Indonesia di ajang Brandstorm tingkat internasional tahun ini. Ini adalah kemenangan kedua dari perwakilan Indonesia setelah sebelumnya pada tahun 2019 perwakilan Indonesia juga berhasil menang di tingkat internasional. Kita kembali membuktikan bahwa talenta muda Indonesia bisa bersaing di level dunia dan inovasi yang dihasilkan talenta-talenta terbaik Indonesia ini dapat mendorong transisi menuju masa depan yang lebih baik dari aspek sosial, teknologi, maupun lingkungan," ujar Umesh Phadke, President Director L’Oréal Indonesia, dalam rilis yang diterima Dewiku.com, baru-baru ini.

Baca Juga: Hari Lipstik Internasional, Baca Dulu Fakta Menarik di Bawah Ini

Mewakili Mon Soleil, Angela Thrisananda Kusuma mengatakan, "Kami bangga bisa mewakili dan mengharumkan nama Indonesia melalui L’Oréal Brandstorm 2022. Mendapat kesempatan untuk mengusung gagasan kami ke kancah Internasional merupakan sebuah pencapaian yang sangat kami syukuri."

"Meskipun persaingan kompetisi ini tidaklah mudah dan diuji oleh juri-juri internasional, kami bisa sampai sejauh ini berkat dukungan mentor hebat dari dosen ITB dan tim dari L'Oréal. Semoga inovasi kami, HyperSync, bisa memberikan manfaat nyata bagi masa depan industri kecantikan," lanjutnya.

Baca Juga: Serunya Dandan Pakai Printer Makeup, Tertarik Mencoba?

Selain Mon Soleil, Indonesia juga mengirimkan wakil di kategori Inclusion yaitu Stealth Squad dari ITB dengan inovasinya SunQuare terkait sinar UV untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif terhadap matahari seperti pengidap albino dan vitiligo. Sementara untuk kategori Green, Indonesia diwakili oleh tim Musaceae dari Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L) dengan inovasinya yang menggunakan Banana Pseudostem dalam memberikan alternatif baru untuk kertas minyak yang terbuat dari selulosa. Ketiga tim mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari para ahli dari L’Oréal di bidangnya untuk menghadapi tahap semifinal internasional pada bulan Mei 2022 dan akhirnya Mon Soleil berhasil masuk sebagai perwakilan Indonesia di final internasional pada 1 Juli 2022.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI