Setiap Rumah Tangga Pasti Ada Masalah, Ini Kunci Keluarga Harmonis dari Buya Yahya

Ternyata ini kunci rumah tangga harmonis dari Buya Yahya yang bisa diimplementasikan.

By: Hiromi Kyuna icon Selasa, 22 Agustus 2023 icon 15:31 WIB
Setiap Rumah Tangga Pasti Ada Masalah, Ini Kunci Keluarga Harmonis dari Buya Yahya

Ilustrasi Keluarga (Pexels/Vidal)

Rumah tangga harmonis tentu menjadi impian bagi banyak orang. Sayangnya, tak semua orang bisa menjaga rumah tangga agar tetap indah dan nyaman.

Kegagalan rumah tangga bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kendati demikian, bukan berarti tak ada cara tersendiri untuk menjaga rumah tangga tetap harmonis.

Buya Yahya, Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah mengungkapkan kunci untuk menjaga rumah tangga tetap harmonis.

Baca Juga: Sudah Talak 3 Bisa Rujuk atau Tidak? Simak Penjelasan Buya Yahya

"Ternyata sekarang ini banyak orang gila setelah menikah, itu yang saya pusing. Setelah menikah masyaAllah tidak ada kesabaran dalam dirinya," ungkap Buya Yahya seperti dikutip dari kanal YouTube Al-Bahjah, pada Selasa (22/8/2023).

Menurutnya, faktor psikologi cukup penting dan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. "Masalah psikologi itu penting juga harus diperhatikan," ujarnya.

Menurutnya, terkadang seseorang sering mudah marah. Bahkan pertanyaan hal sepele bisa membuat seseorang jadi emosi.

Jika merasa memiliki penyakit mental, Buya Yahya mengungkapkan lebih baik berkonsultasi kepada ahli. Hal ini untuk menyembuhkan penyakit mental tersebut.

Kemudian, seseorang juga harus bisa mengalah kepada pasangan yang memiliki penyakit mental. "Suamimu kalau marahnya sudah nggak beraturan, berarti (kena) mental dia, bawa ke psikolog. Artinya harus dibenahi sisi mentalnya," terang Buya Yahya.

"Ayo sekarang berbenah, rumah tangga harus indah kita mulai. Siapapun Anda jangan menyerah," lanjutnya.

Ia kemudian menyebutkan untuk mencapai rumah tangga yang indah sebenarnya tak sulit. Salah satu kuncinya adalah bisa saling memaafkan.

"Belajar, jangan gengsi. Pastikan hari ini Anda tawadhu, Anda berani mulai meminta maaf. Anda harus buka diri Anda," tutur Buya Yahya.

Menurutnya, masalah dalam rumah tangga adalah hal biasa. Ia juga menambahkan masalah itu pasti akan selalu ada selama masih hidup di dunia.

"Rumah tangga nabi juga ada (masalah), cuma nabi itu dalam rumah tangganya ada permasalahan untuk jadi contoh bagi kita bagaimana cara menyelesaikannya," pungkas Buya Yahya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI