Apa Itu Deep Talk? Ini 5 Manfaat Obrolan Mendalam dengan Pasangan

Banyak pasangan semakin menyadari pentingnya deep talk secara berkala. Apa saja manfaatnya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 September 2023 icon 11:48 WIB
Apa Itu Deep Talk? Ini 5 Manfaat Obrolan Mendalam dengan Pasangan

Ilustrasi pasangan suami istri. (Unsplash/Toa Heftiba)

Bukan rahasia lagi jika komunikasi merupakan kunci hubungan asmara sehat. Salah satu bentuk komunikasi yang bisa dijadikan salah satu rutinitas adalah deep talk.

Deep talk merupakan percakapan yang lebih mendalam dan biasa digunakan untuk membangun hubungan lebih dekat dengan seseorang. Melansir Discover Magazine, inilah berbagai manfaat deep talk dengan pasangan.

Manfaat Deep Talk dalam Hubungan Asmara

Baca Juga: 6 Cara Berdamai dengan Masa Lalu Pasangan, Kejujuran Jadi Kuncinya

Meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan asmara

Dalam jurnal yang diterbitkan Psychological Science, mereka yang kerap melakukan deep talk merasa lebih bahagia daripada orang-orang yang tidak. Hal ini kemungkinan besar ada pada kebutuhan manusia akan orang lain.

Percakapan mendalam akan membuat kamu dan pasangan yang melakukannya memiliki satu sama lain. Dari situlah kebahagiaan tercipta.

Baca Juga: 7 Zodiak Paling Bucin, Jatuh Cinta Tak Pernah Main-Main

Mempererat hubungan

Deep talk bisa mempererat hubungan asmara dan dapat menjadi salah satu ide quality time. Kamu dengan pasangan bisa menyampaikan hal-hal yang selama ini disimpan sendiri atau rencana hubungan ke depannya.

Saling memahami dan menambah sudut pandang

Deep talk memungkinkan kamu mengubah sudut pandang pasangan dirimu maupun sebaliknya. Mendengarkannya bercerita atau memberi pendapat tentang suatu hal juga bisa membuatmu mengetahui kepribadian pasangan yang sebenarnya.

Perasaan lega

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berbagi emosi negatif dengan pasangan atau orang terdekat bisa meredakan stres, baik secara fisik maupun emosional.

Respons emosi negatif seperti marah dan sedih diatur amigdala, salah satu bagian otak. Saat kamu menceritakan perasaan negatif ini dalam sesi deep talk, tanpa disadari respons amigdala akan berkurang.

Memperbaiki hubungan

Bingung cara melakukan deep talk dengan pasangan? Kamu bisa memulainya saat memang ada masalah. Deep talk akan membuat seseorang lebih terbuka dalam mengutarakan pikiran dan perasaan

Baca Juga: Tinder Luncurkan Kampanye Pencegahan Romance Scam, Ini Langkah yang Dilakukan

Dengan demikian, kamu dan pasangan akan lebih mengenal satu sama lain. Hubungan yang sempat bermasalah pun bisa diperbaiki.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI