Mau Ketemuan dengan Teman Kencan Online untuk Pertama Kalinya? Simak 5 Tips Ini

Berikut beberapa tips kencan pertama dengan seseorang yang kamu kenal melalui aplikasi kencan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 15 September 2023 icon 17:32 WIB
Mau Ketemuan dengan Teman Kencan Online untuk Pertama Kalinya? Simak 5 Tips Ini

Ilustrasi pasangan menikmati kencan romantis (Freepik/pressfoto)

Seiring perkembangan teknologi, cara orang-orang bertemu jodoh impian pun ikut berubah. Kini semakin banyak pilihan aplikasi kencan yang membantumu menemukan pasangan idaman.

Setelah match dan merasa cocok saat mengobrol via percakapan pesan maupun video call, momen bertemu pertama kali di dunia nyata bisa menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan tersendiri.

"First date memang penuh ketidakpastian, tapi hal tersebut gak harus menghalangi kita bertemu dengan orang baru. Ingat, kita juga punya kendali atas pertemuan tersebut. Mengkomunikasikan apa yang jadi preferensi dan ekspektasi kita di depan sebelum ketemuan dapat membantu pengalaman first date jadi lebih natural dan santai," ungkap Pakar Psikologi Klinis dan Hubungan, Inez Kristanti, dikutip dari siaran pers Tinder, Jumat (15/9/2023).

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Melawan Kebiasaan Suka Menunda dalam Urusan Kencan dan Hubungan Asmara

Inez Kristanti berbagi solusi berupa tips kencan pertama setelah berkenalan via  aplikasi kencan. Berikut beberapa di antaranya.

Ilustrasi kencan online. (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi kencan online. (Pixabay/Tumisu)

Latih Kesadaran Diri 

Menurut Inez, self-awareness sangat membantu dalam menetapkan batasan dan persetujuan. Ini tentu berlaku saat kamu merasa nyaman atau justru sebaliknya ketika bersama orang lain, terlebih kenalan baru.

Baca Juga: Demi Punya Perut Rata nan Kencang, Kim Kardashian Jalani Perawatan Laser Menyakitkan

Inez memaparkan, "Contohnya, kita paham apa yang bikin kita nggak nyaman dan kita nggak merasa bersalah saat menyampaikan hal tersebut ke match kita. Namun, sikap terbuka dan mudah beradaptasi juga tetap dibutuhkan, karena kita akan bertemu dengan berbagai individu lewat dating apps yang mungkin belum pernah kita temui sebelumnya."

Percaya pada Insting

Setiap kali merasa tidak yakin atau curiga orang yang kamu temui hanya membual, jangan abaikan hal itu. Kamu perlu mewaspadai indikasi love scamming di mana para pelaku umumnya mencoba mendapatkan simpati demi keuntungan pribadinya, seperti meminta uang, informasi pribadi, dan tujuan seksual.

Sampaikan Apa yang Kamu Inginkan

Penting untuk bersikap asertif saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya. Sampaikan apa yang kamu inginkan, rasakan, dan pikirkan. Saat terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan, komunikasikan batasan yang kamu miliki. Jangan terlalu cemas dengan penilaian orang lain terhadap dirimu.

"Misalnya, ketika teman nge-date mengajak foto bareng untuk di-posting di media sosial, tapi merasa nggak nyaman akan hal ini, maka bisa bilang. 'It's okay kalau foto bareng, tapi tolong jangan di-upload di sosmed ya, karena aku kurang nyaman dan menjaga privasi'," papar Inez.

Jelaskan soal Keuangan Sejak Awal

Setiap orang punya latar belakang masing-masing dan itu bisa jadi memengaruhi gaya hidup maupun kebiasaan sehari-hari. Hal ini perlu dipertimbangkan saat menentukan tempat bertemu.

"Pergi ke coffee shop terdekat atau harus ke restoran mewah? Harus dibayarin temen nge-date, ngebayarin, atau bayar masing-masing? Untuk menghindari asumsi dan ekspektasi yang tidak terpenuhi saat ketemuan, kamu bisa mendiskusikan hal-hal ini sebelum bertemu," terangnya.

Jangan Overthinking 

Setelah pulang dari kencan pertama, kamu mungkin mendadak jadi memikirkan banyak hal yang terjadi. Sebisa mungkin jangan terlalu memusingkannya.

Baca Juga: 5 Tanda Calon Pasangan Toxic, Bisa Diketahui Sejak Kencan Pertama

"Kalau ada hal pertama yang bisa kamu lakukan setelah first date, bilang terima kasih dulu sama diri kamu sendiri karena sudah berani untuk terbuka sama orang baru, baru deh, kirim pesan apresiasi ke teman nge-date kamu untuk mengakhiri hari," ujar Inez.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI