4 Tips Belanja Bulanan, Begini Triknya agar Lebih Hemat

Apa saja yang harus diperhatikan saat belanja bulanan agar pengeluaran tetap terkendali?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 08 Oktober 2023 icon 10:01 WIB
4 Tips Belanja Bulanan, Begini Triknya agar Lebih Hemat

Ilustrasi belanja buah di pasar. (Pixabay/Pexels)

Belanja bulanan telah menjadi rutinitas banyak orang, baik mereka yang sudah berkeluarga maupun Anda yang masih hidup mandiri di indekos atau apartemen. Namun, tak jarang ada kekhawatiran jika anggaran belanja yang disiapkan ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan.

Inilah pentingnya menyusun anggaran belanja bulanan dengan teliti. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan guna meningkatkan efisiensi dalam setiap pengeluaran.

Di bawah ini adalah tips belanja bulanan yang dapat diterapkan menuju puncak kampanye Shopee 10.10 Brands Festival yang akan datang.

Baca Juga: 6 Cara Mengupas Telur Rebus, Begini Triknya agar Tetap Utuh dan Mulus

Ilustrasi Belanja Online (Pexels/SHVETS Production)
Ilustrasi Belanja Online (Pexels/SHVETS Production)

Buat daftar belanjaan dan prioritaskan kebutuhan utama

Pastikan hanya membeli barang-barang yang memang perlu dibeli. Daftar belanja akan memudahkan kamu dalam menyiapkan budget bulanan.

Selanjutnya, tentu saja penting untuk memprioritaskan kebutuhan utama, seperti makanan, tagihan, dan barang-barang yang diperlukan sehari-hari. Pikirkan yang paling penting sebelum mempertimbangkan pembelian lainnya.

Baca Juga: 8 Cara Memasak Pare, Ini Tips agar Warnanya Tetap Hijau Segar

Beli produk dari brand terpercaya

Merek terpercaya telah membangun reputasi atas kualitas yang terjamin. Meski harga produknya mungkin lebih tinggi, kelebihan dalam segi kualitas seringkali sebanding dengan biaya dan bantu menghemat uang dalam jangka panjang.

Jika sudah tahu ingin belanja apa saja, jangan sampai ketinggalan Big Brands Rush Hour dan Brand Flash Sale 10RB. Dapatkan produk dari berbagai mitra brand favorit dengan penawaran fantastis pada hari puncak 10.10 Brands Festival 10 Desember mendatang.

Berburu diskon dan promosi agar semakin cuan

Ada kepuasan tersendiri ketika berhasil menemukan penawaran terbaik. Saat sukses berburu diskon, rasanya seperti mendapatkan hadiah atau meraih kemenangan kecil dalam kegiatan berbelanja. Selain itu, ini tentu bisa membuat kamu lebih hemat.

Catat semua pengeluaran

Catat semua pengeluaran selama satu bulan tanpa terkecuali. Catat setiap pembelian, sekecil apa pun itu. Ini akan memudahkanmu dalam memeriksa apakah bujet yang telah disusun dan realisasinya sudah sesuai.

Baca Juga: 3 Tipe Belanja Online di E-Commerce, Pemburu Promo Semangatnya Minta Ampun

Tertib mencatat pengeluaran juga membantu kamu mengidentifikasi area-area di mana masih bisa hemat. Ini memungkinkan kamu untuk membuat anggaran yang lebih baik di masa depan.

BERITA TERKAIT