Manfaat Bunga Krisan, Ternyata Bagus untuk Perawatan Kecantikan

Apa saja manfaat bunga krisan untuk kesehatan tubuh? Inilah beberapa di antaranya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 08 Oktober 2023 icon 12:47 WIB
Manfaat Bunga Krisan, Ternyata Bagus untuk Perawatan Kecantikan

Bunga krisan. (Unsplash/Amlanjyoti Lahkar)

Bunga krisan adalah tanaman asal Asia Timur yang banyak tumbuh di negeri Tirai Bambu. Bunga ini juga punyai nama latin latin chrysanthemum morifolium.

Bunga krisan biasanya dapat dikonsumsi sebagai teh herbal, tetapi ada juga yang diolah menjadi suplemen kesehatan. Tak hanya bunganya, daun chrysanthemum juga bisa dikonsumsi sebagai sayuran atau bahan makanan menyehatkan. 

Di negara seperti Tiongkok, Korea, dan Jepang, bunga krisan sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan herbal mengatasi berbagai penyakit. 

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Pepaya, Menambah Nafsu Makan hingga Sehatkan Jantung

Bunga ini rupanya mengandung vitamin B dan beragam antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthine.  Merangkum Alodokter, berikut ini beberapa manfaat bunga krisan bagi kesehatan tubuh. 

Ilustrasi bunga krisan putih (Pixabay/Myriams-Fotos)
Ilustrasi bunga krisan putih (Pixabay/Myriams-Fotos)

Membantu mengatasi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya terjadi akibat infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan peradangan. Kondisi ini juga bisa dipicu oleh polusi dan zat kimia tertentu. 

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Mawar, Memangnya Bisa Dimakan?

Untuk mengatasi radang tenggorokan, kamu bisa minum teh bunga krisan karena di dalamnya terdapat antibakteri dan antiradang. 

Baik untuk kesehatan kulit

Bunga krisan juga punay manfaat dalam upaya menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Ini karena bunga tersebut mengandung berbagai macam nutrisi seperti efek antiradang dan antioksidan yang cukup tinggi. 

Bunga ini juga dapat mencegah dehidrasi pada kulit. Jika dikonsumsi dalam bentuk teh, bunga krisan baik untuk mencegah timbulnya flek hitam dan mencegah penuaan dini. 

Membantu pengobatan osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi berkurangnya kepadatan tulang atau keropos. Osteoporosis biasanya terjadi pada lansia atau orang yang sudah tua karena kurang mendapatkan asupan kalsium. 

Salah satu cara mencegah masalah tulang keropos adalah mengonsumsi bunga krisan. Tingginya kandungan kalsium dan aneka antioksidan seperti senyawa fenolik dan flavonoid, baik untuk menjaga kekuatan tulang.

Baca Juga: Menengok Peluang Usaha Ibu Suyamti, Edible Flower Si Cantik yang Bisa Dimakan

Itulah beberapa manfaat bunga krisan bagi kesehatan tubuh. Sudah pernah minum teh bunga krisan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI