7 Tips Menjalin Asmara di Usia 30an, Tak Usah Buru-Buru Melangkah

Menjalin hubungan asmara di usia 30an memang memiliki tantangan tersendiri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 12 Oktober 2023 icon 14:35 WIB
7 Tips Menjalin Asmara di Usia 30an, Tak Usah Buru-Buru Melangkah

Ilustrasi Pasangan Menikah (Pexels/Moose Photos)

Kamu sangat mungkin jadi lebih mempertimbangkan banyak hal saat menjalin hubungan asmara di usia 30an. Ada beragam faktor penyebabnya, mulai dari pengalaman masa lalu hingga tekanan dari orang-orang di sekitarmu.

"Jika kamu tahu apa yang kamu cari, kamu akan membuang lebih sedikit waktu untuk hubungan yang tidak punya potensi dan mengoptimalkan hubungan sehat," ungkap Jordan Gray, seorang relationship coach, dikutip dari Brides.

Supaya tidak kebingungan, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memutuskan untuk menjalin hubungan di usia 30an.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Berpotensi Jadi Pasangan Toksik, Aries Diam-Diam Tukang Bohong

Tahu apa yang kamu inginkan

Jika kamu tak pernah benar-benar memikirkan apa yang kamu inginkan dari seorang pasangan, ini adalah saatnya mencari tahu. Kualitas pasangan seperti apa yang paling kamu butuhkan dari hubungan asmara?

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Jasmine Carter)
Ilustrasi Pasangan (Pexels/Jasmine Carter)

Lepaskan masa lalu

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Keraguan terhadap Pasangan, Bikin Hubungan Lebih Kuat dan Solid

Banyak orang masih lajang di usia 30-an karena telah menghadapi beberapa bentuk patah hati, seperti ghosting, selingkuh, putus cinta, bahkan perceraian. Masa lalu memang bakal selalu menjadi bagian dari dirimu. Namun, fokuslah pada apa yang terjadi sekarang dan lihat ke mana kamu akan pergi selanjutnya.

Waspadalah terhadap pola berpikir negatif

Kalau kamu pernah gagal dalam menjalin hubungan, komitmen jangka panjang seperti pernikahan mungkin bisa menjelma mimpi buruk. Walau begitu, sangat penting untuk tidak membiarkan pemikiran negatif ini terus menguasai dirimu.

Saat kamu bertemu orang baru, cobalah untuk memberi dia kesempatan yang adil. Jangan buru-buru memutuskan untuk hidup sendirian.

Jangan Buru-buru

Kamu mungkin sangat resah karena belum menikah. Kamu tentu boleh berharap hubungan yang ada dapat beranjak ke jenjang pernikahan, tetapi jangan terlalu buru-buru.

Pahamilah bahwa ada begitu banyak hal yang tetap perlu dipertimbangkan. Menikah dan punya anak bukan perlombaan.

"Beberapa orang menikah dan punya anak pada usia 20 tahun, beberapa orang menikah dan memiliki anak di usia 40-an atau 50-an. Jadi, siapa yang tahu kehidupan seperti apa yang menanti kita?" tutur Gray.

Jangan berkencan dengan seseorang yang tak kamu suka

Jika kamu memang tak suka, mengapa mesti dilanjutkan? Hidup ini terlalu singkat. Bukankah kamu lebih senang tidur siang daripada mesti keluar dan menghabiskan waktu bersama seseorang yang sebenarnya tak begitu kamu sukai?

"Dalam banyak hal, berkencan menjadi lebih efisien di usia 30-an karena kamu tahu apa yang harus dioptimalkan," tandas Gray.

Komunikasi secara terbuka

Bagaimanapun, komunikasi adalah kunci. Saat kamu menjalin asmara di usia 30-an, kamu dan pasangan harus bisa bicara satu sama lain secara terbuka dan jujur. Ketika terjadi perselisihan, bicarakan semuanya baik-baik. Jika komunikasi sudah buruk sejak awal hubungan, itu mungkin bakal berlanjut dan menjadi semakin parah seiring berjalannya waktu.

Jangan gampang puas, tetapi jangan pula mencari kesempurnaan

Baca Juga: Ternyata Red Flag! 6 Sikap Wanita yang Dianggap Wajar dalam Hubungan Asmara

Alih-alih terobsesi dengan mereka yang sudah lebih dulu menikah, tunggulah sampai kamu menemukan orang yang tepat. Namun, ini bukan berarti harus menunggu sosok sempurna tanpa cela. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI