4 Manfaat Pakis, Bisa Jadi Sayur Ramah Pejuang Kolesterol

Berikut adalah beberapa manfaat sayur pakis untuk kesehatan tubuh.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 15 Oktober 2023 icon 18:08 WIB
4 Manfaat Pakis, Bisa Jadi Sayur Ramah Pejuang Kolesterol

Ilustrasi tanaman pakis (Pixabay/Ralph)

Ada begitu banyak jenis sayuran hijau yang kaya manfaatnya jika dikonsumsi secara bijak dan tepat. Salah satunya adalah pakis. Apakah kamu pernah makan sayur pakis?

Bertekstur renyah, orang-orang biasa mengolah pakis menjadi sajian tumis. Tak hanya lezat, pakis juga mengandung berbagai nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh.

Apa saja manfaat sayur pakis? Dirangkum dari Halodoc, inilah beberapa di antaranya. 

Baca Juga: 5 Manfaat Sayur Kangkung, Bagus Dikonsumsi untuk Kesehatan Anak

Ilustrasi tanaman pakis (Pixabay/Susanne Jutzeler, Schweiz
Ilustrasi tanaman pakis (Pixabay/Susanne Jutzeler, Schweiz

Bagus untuk menjaga daya tahan tubuh

Sayur pakis mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi. Kedunya berperan dalamm meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. 

Inilah mengapa tak ada salahnya menambahkan sayur pakis pada menu makanan harian untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Baca Juga: 6 Manfaat Sayur Bayam, Kaya Nutrisi Menyehatkan

Menjaga kesehatan jantung

Sayuran hijau ini juga mengandung potasium dan niasin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol tubuh. Meski demikian, tentu kamu juga perlu melakukan aktivitas fisik secara teratur seperti olahraga dan menjaga pola makan sehat.

Membantu mengontrol kadar kolesterol

Seperti yang sudah sempat disebutkan, pakis mengandung niasin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Meski begitu, tentu saja ini perlu dibarengi dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur. 

Meningkatkan produksi sel darah merah

Manfaat sayur pakis untuk kesehatan ternyata tak bisa diremehkan. Pakis juga disebut memiliki kandungan zat besi yang mana dapat membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Sayur Kubis, Bahan Makanan Murah yang Kaya Nutrisi

Adanya kandungan tembaga dalam sayur pakis ini juga memperlancar peredaran oksigen dalam darah sehingga fungsi tubuh bisa dapat berjalan dengan baik. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI