7 Cara Mencintai Diri Sendiri, Jangan Takut Katakan Tidak!

Bisa dimulai dari hal-hal yang kerap dianggap sepele, berikut beberapa cara mencintai diri sendiri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 25 Oktober 2023 icon 19:00 WIB
7 Cara Mencintai Diri Sendiri, Jangan Takut Katakan Tidak!

Ilustrasi perempuan berpemikiran bebas dan terbuka. (Unsplash/Pietra Schwarzler)

Bagi banyak orang, tidak mudah untuk mencintai diri sendiri. Namun, self love bisa dimulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengambil cuti kerja secara berkala, menyantap makanan favorit, atau sekedar pergi ke bioskopp untuk mennonton film yang sudah ditunggu-tunggu.

Merangkum psych central, di bawah ini adalah beberapa cara yang mudah untuk mulai mencintai diri sendiri.

Rencanakan waktu istirahat

Baca Juga: Hasil Survei: 76 Persen Jomblo di Indonesia Merasa Kesepian

Rutinitas sehari-hari tak jarang membuat seseorang merasa kelelahan. Itu mengapa wajar untuk mengambil waktu jeda atau istirahat di sela-sela segala kewajiban yang ada. Kamu bisa mengambil hari libur hanya untuk bersantai atau menikmati waktu tidur nyenyak yang lebih lama.

Ilustrasi tidur. (Unsplash/Wes Hicks)
Ilustrasi tidur. (Unsplash/Wes Hicks)

Wisata alam dengan orang tersayang

Udara bersih dan segar dapat memberikan efek terapi sekaligus membangkitkan jiwa petualang berbuah senyum di wajah. Coba rencanakan untuk pergi mendaki atau jalan-jalan ke taman kota bersama orang tersayang demi menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Kesepian Tanpa Pasangan, Malah Bukan Buru-Buru Cari Jodoh

Mengadopsi hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan dipercaya dapat membantu mengurangi stres dan membuat rasa sayang pada diri sendiri semakin besar. Jadi, tak ada salahnya mengadopsi kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya.

Kurangi penggunaan gadget

Kamu juga berisirahat dengan mengurangi screen time. Kamu juga bisa menggunakan mode do not disturb setiap melakukannya. Tak ada kebisingan dari luar bisa menambah kedamaian yang kamu butuhkan.

Berani bilang tidak

Kamu sebaiknya berani mengatakan tidak pada hal-hal yang sebenarnya tak ingin kamu lakukan, apalagi jika itu memang di luar kewajibanmu.

Kebiasaan ini bisa kamu mulai dengan memberikan batasan pada setiap bantuan yang kamu berikan untuk orang lain. Jika memang tak bisa, katakansaja.

Baca buku

Membaca buku bisa menjadi salah satu cara pelarian yang baik sekaligus belajar lebih mencintai diri sendiri. Berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa membaca baik untuk kesehatan mental. Coba baca satu bab buku setiap malam.

Olahraga

Baca Juga: Penyebab Gangguan Mental pada Remaja, Dewasa Muda, dan Orang Tua, Ini Bedanya

Walau tak mudah, olahraga adalah salah satu cara terbaik mencintai diri sendiri. Aktivitas ini baik untuk kesehatan mental maupun fisik. Kamu tak perlu terlalu memaksakan diri untuk langsung olahraga berat. Mulai dengan jalan kaki selama 30 menit setiap hari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI