8 Tips Pertama Kali Bertemu Calon Mertua, Perhatikan Penampilanmu!

Hindari juga membahas hal-hal yang sensitif saat pertama kali bertemu dengan calon mertua.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 29 Oktober 2023 icon 17:44 WIB
8 Tips Pertama Kali Bertemu Calon Mertua, Perhatikan Penampilanmu!

Ilustrasi bertemu keluarga pasangan atau calon mertua. (Shutterstock)

Apakah kamu sangat berdebar-debar karena bakal bertemu dengan calon mertua untuk pertama kalinya? Pasalnya, ini adalah momen penting dalam perjalanan mendapat restu orang tua pasangan

Jika kamu berhasil mendapat restu calon mertua, hubungan asmara dengan kekasihmu harapannya jadi lebih mudah dijalani. Dikutip dari Suara.com, berikut beberapa tips yang dapat kamu perhatikan.

1. Usahakan untuk Bersikap Positif dan Ramah

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Tak Ragu Hempas Pasangan Toksik, Bisa Jadi Panutan

Ini adalah hal dasar yang sangat penting. Tunjukkan sikap yang positif dan ramah. Senyum, jabat tangan, dan berbicara dengan nada yang sopan. Tentu saja ini demi menciptakan kesan pertama yang baik.

Ilustrasi bertemu keluarga pasangan atau calon mertua. (Shutterstock)
Ilustrasi bertemu keluarga pasangan atau calon mertua. (Shutterstock)

2. Ajukan Pertanyaan dan Dengarkan Jawabannya

Tunjukkan minatmu idengan bertanya tentang kehidupan, minat, dan pengalaman mereka di masa lalu. Setelahnya, tentu saja kamu perlu mendengarkan dengan baik saat mereka bicara. 

Baca Juga: Waspadai 7 Gelagat Orang Ketiga, Ada yang Terang-terangan Banget

3. Jujur dan Autentik

Tak usah repot-report berpura-pura menjadi sosok yang bukan dirimu sebenarnya. Jadilah dirimu sendiri dan bersikap jujur. Kamu juga boleh-boleh saja bicara tentang harapan dan niatmu dalam hubungan yang kamu jalani dengan anak mereka.

4. Perhatikan Penampilanmu

Ini adalah caramu menghormati calon mertua. Perhatikan penampilanmu, kenakan busana yang sesuai, bersih, dan sewajarnya saja.

5. Ajukan Pertanyaan tentang Masa Lalu dan Masa Depan

Ini merupakan salah satu cara yang baik untuk memahami nilai dan tujuan keluarga calon mertua. Kamu juga bisa membuka pintu diskusi yang lebih dalam dan obrolan yang lebih menyenangkan.

6. Sebaiknya Hindari Topik Sensitif

Beberapa tok sensitif yang perlu dihindari adalah agama, politik, atau perbedaan pendapat tentang hal lain yang terkesan berat. Fokus saja pada hal-hal positif yang akan dilakukan bersama.

7. Memberikan Perhatian kepada Anak-Anak hingga Hewan Peliharaan

Jika di rumah calon mertua ada anak-anak atau hewan peliharaan, perlihatkan perhatianmu pada mereka. Ini juga bisa jadi cara untuk menciptakan hubungan yang baik.

8. Ikuti Adat dan Kebiasaan Lokal

Baca Juga: 6 Cara Menghadapi Pasangan Cuek, Jangan Cuma Uring-uringan

Misalnya ada adat atau kebiasaan tertentu yang diterapkan di keluarga calon mertua, berusahalah untuk mengikutinya dengan hormat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI